Kuartal II, Martabe Produksi Emas 72.096 ons

Kegiatan pengolahan bijih emas di tambang Martabe
Sumber :
  • G-Resources
VIVA.co.id
United Tractors Akan Produksi Tambang Emas
- Perusahaan tambang emas Martabe, PT Agincourt Resources, berhasil memproduksi emas mencapai 72.096 ons pada kuartal II-2015. Sedangkan perak yang dihasilkan mencapai 631.189 ons.  

Harga Emas Stabil di Tengah Pelemahan Dolar
Seperti dikutip dari siaran persnya, Rabu 15 Juli 2015, hasil ini lebih rendah dibanding kuartal pertama yang mencapai 84.220 ons untuk emas dan 657.364 ons untuk perak. Meski demikian Martabe mengklaim Tambang Emas Martabe dapat mempertahankan pencapaian tingkat produksi yang baik. 

Mau Investasi Emas? Ini Keuntungannya
President Direktur Tambang Emas Martabe, Tim Duffy, mengatakan berdasarkan panduan Dewan Emas Dunia (World Gold Council), total biaya produksi (All-In Sustaining Cost/AISC) Martabe kuartal ini senilai US$537 per ons. 

Sementara itu, penghasilan penjualan emas dan perak mencapai US$93 juta. Lebih rendah dibandingkan penghasilan kuartal pertama senilai US$118 juta.

Sedangkan, tambang dan pabrik pengolahan mengolah 993 ribu ton, sedikit lebih rendah dari batuan yang diolah pada kuartal pertama sebanyak 1.063.000 ton. 

"Hal ini disebabkan karakteristik batuan dari bagian tenggara Pit Purnama sangat keras," demikian pernyataan Martabe.

Martabe berhasil menjual 69.600 ons emas dan 589.740 ons perak pada kuartal kedua ini. Jumlah ini lebih rendah dibandingkan penjualan emas dan perak di kuartal pertama, yang mencapai 87.346 ons emas dan 719.211 ons perak.


Selama kuartal ini, harga pasar emas dunia berfluktuasi antara US$1.165 per ons dan US$1.225 per ons. Perusahaan menetapkan harga rata-rata US$1.193 per ons. 

Disebutkan bahwa harga ini sedikit dibawah pemodelan keuangan internal perusahaan, tetapi lebih besarnya jumlah ounce emas dan perak  yang dilebur pada kuartal ini dapat menutupi penurunan pendapatan akibat rendahnya harga emas dunia.

Setelah mereview hasil produksi dan perkiraan biaya hingga akhir tahun maupun stabilnya hasil kuartal kedua ini, Martabe mempertahankan panduan target produksi tahun ini untuk mencapai 285 ribu ons emas dan 2,3 juta ons perak, serta perkiraan AISC dalam rentang US$600–700 per ons yang dijual.
 
Modal kerja yang digunakan Martabe selama kuartal kedua sebesar US$10,5 juta, lebih tinggi dibandingkan kuartal pertama US$8,3 juta. Sementara itu, dana eksplorasi diperkirakan sebesar US$16 juta. 

"Fokus perusahaan melaksanakan Martabe Improvement Program bertujuan untuk meningkatkan jumlah produksi sambil meminimalkan biaya, sehingga dapat meningkatkan margin per ons emas yang diproduksi," ucap Tim Duffy.

Kegiatan eksplorasi Martabe pun dipercepat pada kuartal ini dengan melakukan pengeboran bermata intan pada lima lokasi dekat wilayah operasional Martabe, dan di dua lokasi di wilayah eksplorasi regional Tani Hill dan Tango Papa. Sebelumnya terjadi penghentian sementara program eksplorasi tambang regional dalam kuartal pertama. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya