Meksiko Buka Investor Asing Masuk Industri Minyak

Sumber :
  • Forbes
VIVA.co.id
Harga Minyak Dunia Turun, Pasar Khawatir Stok Melimpah
- Untuk pertama kali dalam hampir 80 tahun, Meksiko membuka industri minyaknya kepada investor-investor asing. 

Saham di Wall Street Ditutup Sedikit Menguat
Dilansir BBC, Kamis 16 Juli 2015, Meksiko menjual 14 blok ekplorasi minyaknya di Teluk Meksiko. Namun, hanya dua blok yang terjual dalam lelang. Angka itu jauh dari harapan pemerintah. 

Lima Orang Terkaya di Afrika Selatan
Para pemenang lelang akan menandatangani kontrak dengan pemerintah Meksiko, untuk mengeksplorasi, memproduksi, dan mengolah minyak mentah.

Pelelangan blok minyak Meksiko merupakan momen bersejarah bagi negara itu karena kontrak minyak swasta diberikan untuk pertama kali sejak nasionalisasi industri minyak pada 1938.

Meksiko merupakan produsen minyak terbesar kesepuluh di dunia. Sebelumnya Meksiko berada di posisi peringkat lima dunia. 

Produksi minyak mentah Meksiko mengalami penurunan disebabkan korupsi, birokrasi dan infrastruktur yang hancur dan berdampak pada perusahaan minyak negara milik Meksiko, Pemex.

Lelang ini merupakan bagian dari rencana pemerintah untuk mendongkrak produksi minyak dan mendorong investasi swasta. Hanya sembilan perusahaan ambil bagian dalam pelelangan, lebih sedikit dari yang direncanakan yakni 25 perusahaan.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya