Temukan Sumber Kekuasaan untuk Menghasilkan Uang

Ir. Goenardjoadi Goenawan MM.
Sumber :
VIVA.co.id
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Kondisi ekonomi Indonesia saat ini lesu. Beberapa perusahaan mengambil langkah pemutusan hubungan kerja (PHK), setelah Lebaran. Saat ini, motivasi karyawan bekerja pun mencapai titik nadir.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik
Apakah yang paling ditakutkan karyawan?

Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos
Uang itu seperti hantu, karena kita tidak bisa melihatnya. Karyawan takut, buta dan gelap seandainya terjadi PHK.  Seperti masuk goa gelap tanpa cahaya, kita seolah ada di gerbang goa dan masuk ke dalamnya, tanpa kita ketahui bagaimana dan apa di dalamnya.

Jadi, karyawan paling takut masuk ke dalam perjalanan journey to the unknown, atau perjalanan yang belum kita pahami.

Uang itu apa? Bagaimana caranya kita mengendalikannya?

Sementara, uang itu seperti sumber listrik. Seperti colokan power. Ketika kabel dicolok, pasti ada aliran listriknya.  

Sama seperti gaji. Anda terbiasa dengan gaji sebagai sumber penghasilan.  

Padahal, sebenarnya ada lampu teplok minyak tanah, ada lilin, ada aki, baterai sebagai sumber energi. Dan. ada sumber energi listrik tenaga air, sumber listrik tenaga angin, sumber listrik tenaga nuklir.

Jadi, kalau Anda bisa mengakses ke sumber listrik, ini seperti Anda mengakses kepada sumber kekuasaan. Maka, ini sama dengan Anda mengakses kepada sumber uang.


Ilmu tentang uang itu tunduk pada hukum Galileo 400 tahun lalu. Yaitu, bahwa uang tidak tunduk mengelilingi Anda, tetapi Anda mengelilingi sumber kekuasaan.

Tanpa mengorbit pada sumber kekuasaan, Anda melayang-layang tidak jelas seperti meteor. Ketika Anda menemukan orbit, maka posisi Anda stabil.

Posisi paling stabil adalah kondisi bergerak mengikuti orbit sumber kekuasaan. Selama Anda bisa SMS, bisa telepon, bisa bertemu dengan sumber kekuasaan, maka Anda dalam posisi stabil.  

Sampai kapan? Sampai selamanya Anda bergerak mengorbit secara berkala berinteraksi dengan sumber kekuasaan.

Sumber kekuasaan itu bisa berbentuk tokoh yang dihormati, pemilik perusahaan, atau orang kaya, atau tokoh yang dituakan. Merekalah sumber kekuasaan yang bisa memberi Anda tenaga listrik.

Menemukan sumber kekuasaan, seperti Anda menemukan bendungan air, maka listrik rumah tangga Anda bisa menyala seratus tahun.


Ir. Goenardjoadi Goenawan MM.

Konsultan dan motivator tentang paradigma baru tentang uang. Penulis 10 buku manajemen. Buku terbaru MONEY INTELIGENT, Rahasia Kaya Mulai Berbisnis, dan seri Dua Rahasia Kaya Jangan Cintai Uang segera terbit di Gramedia bulan Juli 2015.

Buku "MONEY INTELLIGENT" disusun dari beberapa artikel yang tujuannya membangun spirit entrepreneur Indonesia. Beberapa konsep fundamental dibahas serta tips ide-ide singkat bagamana mencegah terjerat utang, bagaimana mencegah kesalahan sang entrepreneur dimaksudkan supaya ide entrepreneur dapat dibedah lebih dalam sehingga para pemain mengenali lapangan.

(asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya