Mudik Lebaran, 13 Ribu Mobil dan Bus Menyeberang ke Sumatera

Pemudik di Dermaga I Pelabuhan Merak
Sumber :
  • ANTARA/Asep Fathulrahman
VIVA.co.id
Sebagian Pelabuhan di Indonesia Akan Diswastanisasi
- Puncak arus mudik penumpang dan kendaraan roda empat di Pelabuhan Merak terjadi pada H-2 Lebaran. Setidaknya ada 127.389 orang dan 13.007 mobil dan bus menyeberang ke Sumatera. 

Terminal 3 Beres, Terminal 1 dan 2 Soeta Segera Direnovasi
Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry, Christine Hutabarat, Kamis 16 Juli 2015, mengatakan selama H-7 hingga H-2, terjadi peningkatan pemudik dengan sepeda motor dan kendaraan roda empat. 

Menhub Klaim Terminal 3 Bisa Saingi Bandara Tercanggih
"Tetapi, jumlah penumpang orang, khususnya pejalan kaki, justru turun," katanya di Merak, Banten, dikutip dalam keterangannya.

Puncak arus mudik untuk jenis motor terjadi sebelumnnya pada H-3 Lebaran, saat menyeberangkan 19.197 motor. Jumlah pemudik sepeda motor dan mobil rata-rata naik satu persen, sedangkan penumpang turun 1,5 persen.

Tahun lalu pada H-7 sampai H-2 Lebaran, pemudik dengan motor dan mobil berjumlah masing-masing 61.500 unit motor dan 100.500 unit mobil, pada tahun ini naik menjadi 61.900 motor dan 100.750 mobil.

"Terjadi peningkatan pemudik dengan kendaraan bermotor di Pelabuhan Merak," kata dia.

Christine pun mengklaim arus mudik di Merak tahun ini jauh lebih lancar dan aman. Waktu tunggu penumpang naik ke kapal pun berkurang. "Hal ini terjadi, karena beroperasinya kapal-kapal besar dan semakin tertibnya pengamanan dan pelayanan pelabuhan," ujar dia.

Dia menambahkan, siang ini, kondisi di Pelabuhan Merak sangat lengang. Masih ada beberapa pemudik jarak dekat yang melakukan perjalanan hari ini. "Kondisi cuaca cerah dan gelombang laut normal," kata dia. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya