WNI di Australia Salat Ied di Tengah Cuaca Dingin

Duta Besar RI untuk Australia, Nadjib Riphat Kesoema
Sumber :
  • KBRI Canberra
VIVA.co.id
Terpopuler: Honda Vario 125 Versi Gambot, Mobil Bekas di Bawah Rp200 Juta
- Umat Muslim di Australia pada hari ini juga merayakan Idul Fitri 1436 Hijriah. Perayaan suci itu juga disambut oleh ribuan umat Muslim Indonesia yang tengah bermukim di Negeri Kanguru. 

Terungkap! Kriteria Mantu Idaman Umi Pipik, Apakah Irish Bella Termasuk?
Menurut keterangan tertulis dari KBRI Canberra yang diterima VIVA.co.id pada Jumat, 17 Juli 2015, sekitar 300 warga Indonesia termasuk anggota Diaspora Indonesia Canberra, memadati Balai Kartini yang digunakan untuk salat Ied. Kendati hari ini cuaca mencapai minus tiga derajat celsius dan bukan hari libur, namun mereka tetap antusias. 

Tegas Prabowo Subianto: Kalau Tidak Mau Diajak Kerja Sama, Jangan Ganggu
Salat digelar sekitar pukul 08.00 waktu setempat atau 05.00 waktu Indonesia. Bertindak selaku Imam adalah M. Saad Nurul Ishlah. 

Dia salah satu warga Indonesia yang telah lama berada di Canberra. Sementara, khatib dibawakan oleh Duta Besar RI untuk Australia dan Vanuatu, Nadjib Riphat Kesoema. 

Nadjib membawakan khotbah berjudul "Memperkuat Takwa dan Berkepribadian Muslim Indonesia". Dalam khotbah itu, Nadjib mengajak jemaah Muslim Indonesia agar tak putus asa dan menjaga kepribadian Islami yang amanah, jujur dan sabar serta selalu bersyukur kepada Tuhan. 

"Kepribadian Islami ini sangat tepat diterapkan oleh masyarakat Indonesia di Australia. Marilah kita perkuat jalinan persaudaraan dengan sesama anak bangsa dan bangsa Australia tanpa harus melihat perbedaan," papar Nadjib. 

Usai melakukan salat Ied, keluarga Nadjib menggelar open house di kediaman dinas, Wisma Indonesia. Nadjib mengundang semua masyarakat Indonesia, para pejabat tinggi Australia, Dubes negara sahabat dan Dubes asing yang pernah bertugas di Indonesia. 

Sebelumnya, pada Kamis malam pada pukul 19.00, KBRI Canberra juga melakukan Malam Takbiran bersama dengan masyarakat Indonesia. 

Selain di Canberra, ribuan WNI Muslim di Melbourne juga berbondong-bondong datang ke Universitas Melbourne, Universitas Victoria, KJRI dan beberapa masjid yang digunakan oleh warga Indonesia di Westall.  Sementara, di Darwin, ratusan WNI turut menunaikan salat Ied di gedung KJRI. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya