Langkah Jitu Agar Kredit Usaha Selalu Disetujui

Ilustrasi terima gaji.
Sumber :
  • http://chrisveto.com

VIVA.co.id - Sudah diketahui bahwa menjalankan bisnis atau usaha bukan hanya modal uang saja yang selalu dibutuhkan para pelaku. Ada modal lain, seperti keahlian, kreativitas, networking, motivasi, serta tekad kuat untuk bisa mempertahankan sebuah bisnis.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Walau demikian, saat ingin mengembangkan bisnis, lagi-lagi modal atau uang menjadi kendala yang selalu dibicarakan.

Nah, mungkin saja setelah Lebaran tahun ini Anda punya rencana ajukan pinjaman usaha atau kredit usaha untuk mengembangkan bisnis yang telah Anda miliki. Agar rencana pinjaman usaha Anda bisa lancar tanpa halangan coba saja 6 langkah ini.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Sampaikan tujuan uang dengan tepat

Saat berbicara tentang pinjaman untuk bisnis, ada alasan baik dan alasan buruk. Alasan baik biasanya uang yang dipinjam terkait dengan tujuan pembiayaan peralatan, pembelian properti, pengembangan perangkat lunak dalam jangka panjang, atau pengembangan produk dalam musim tertentu, misalnya penjual pakaian di saat musim lebaran.

Cara Hemat Atur Keuangan untuk Anak Kos

Sebaliknya, alasan yang buruk adalah uang yang Anda pinjam ditujukan untuk mengatasi kerugian keuangan yang sedang berlangsung atau membayar utang, membangun kantor, atau memperoleh aset bisnis yang tidak esensial. (Baca: Tiga Cara Anda Layak Diberi Pinjaman Bank)

Tahu banyaknya uang yang dibutuhkan

Rata-rata usaha kecil tidak meminta pinjaman yang besar. Namun, bukan artinya Anda bisa meremehkan jumlah uang yang ingin diajukan. Pemberi pinjaman juga akan menilai besar kecilnya bisnis Anda.

Jika Anda terlalu melebihkan jumlah uang yang ingin dipinjam dan tidak sebanding dengan nilai bisnis yang Anda miliki, maka pemberi pinjaman juga akan mempertanyakan Anda sebagai pemilik bisnis dan kredibilitas Anda.

Sebaiknya, miliki dan buktikan bisnis Anda dengan rencana anggaran yang didukung oleh proyeksi keuangan bisnis. Misalnya seperti laporan laba dan rugi, serta laporan arus kas yang wajar

Tahu nilai kredit

Pemberi pinjaman pasti akan melakukan penilaian. Mereka akan melihat nilai kredit atau kemampuan kredit yang Anda miliki. Cobalah untuk mengetahui apa yang dicari oleh pemberi pinjaman, dan bagaimana membandingkan skor yang Anda miliki dengan harapan mereka. (Baca juga: Apa Usaha Anda? Ini Jumlah Kredit yang Bisa Diajukan)

Bandingkan produk dan bank

Setiap bank atau pemberi pinjaman selalu memiliki kriteria dan persyaratan yang berbeda. Mereka juga memiliki bunga yang berbeda untuk pinjaman yang diberikan.

Baik untuk Anda, cobalah bandingkan bank-bank yang memiliki kredit usaha. Cobalah lakukan riset kecil untuk bank yang Anda ingin pilih. Cara mudahnya adalah dengan melakukan perbandingan kredit usaha secara online.

Siap akan paket aplikasi pinjaman

Paket disini adalah dokumen untuk pinjaman yang ingin Anda ajukan. Anda harus siap dengan setiap dokumen yang dibutuhkan. Dokumen-dokumen ini biasanya meliputi:

1. Data Anda sebagai pemilik bisnis, dan rencana bisnis yang Anda miliki
2. Laporan dan proyeksi keuangan, laporan rugi-laba, neraca, dan laporan arus kas
3. Informasi keuangan pribadi, dan rekening koran dan informasi pajak

Ingatlah, pemberi pinjaman juga akan melakukan riset tentang bisnis Anda dalam penilaiannya

Sabar untuk menunggu

Usahakan untuk tidak terburu-buru mendapatkan pinjaman setelah mengajukan aplikasi pinjaman. Jangan berharap untuk mendapatkan jawaban dalam waktu dua sampai empat minggu.

Cek status Anda. Karena beberapa lembaga pinjaman biasanya akan membutuhkan dokumen tambahan. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya