Harga Ikan Laut Mahal Saat Lebaran, Ini Penyebabnya

Ilustrasi Ikan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
VIVA.co.id
Awal Tahun, Harga Sayuran di Aceh Meroket
- Masuk musim libur Lebaran, harga ikan laut di tempat wisata pantai mengalami kenaikan. Berkurangnya pasokan ikan segar dari nelayan, karena tidak melaut menjelang Lebaran disinyalir menjadi penyebab kenaikan harga tersebut.  

Mencicip Menu Istimewa Restoran Milik Seleb Muda Korea
Seperti di pantai Depok, Parangtritis, Kabupaten Bantul, Yogyakarta misalnya, harga ikan laut mengalami lonjakan yang drastis sejak hari pertama Lebaran dan diperkirakan masih akan terus mengalami kenaikan selama pekan ini. 

Keluar dari Cherrybelle, Anisa Rahma Tertarik Bisnis Kuliner
Pemilik rumah makan seafood di Pantai Depok, Salsabila II, Dardi Nugroho mengatakan, untuk jenis ikan Cakalang misalnya, yang biasanya dibanderol dengan harga Rp17.000 per kilogram kini melonjak hingga Rp25.000 per kg.

Harga Cumi-cumi dari Rp60.000 per kg kini naik menjadi Rp90.000 per kg, Kepiting dari harga Rp100.000 perkilogramnya saat ini mencapai Rp170.000 per kg. Kemudian, Udang yang sebelumnya hanya Rp70.000 per kg kini melonjak Rp110.000 per kg.

"Yang tidak naik adalah jenis ikan seperti Bawal laut dikisaran harga Rp100.000 per kg,"katanya, Minggu 19 Juli 2015

Menurutnya, naiknya harga ikan laut yang tidak wajar disinyalir juga karena adanya permainan pedagang besar yang memasuk ikan ke pasar ikan di Pantai Depok.

"Kalau pemasok ikan saja harganya sudah tinggi pedagang juga akan menjual tinggi," ucapnya.

Kondisi seperti, sebenarnya merugikan pemilik rumah makan di daerah setempat karena menu yang ditawarkan harganya melonjak tinggi. Padahal mayoritas tamu yang datang merupakan langganan tetap.

"Ya solusinya calon pembeli dipersilahkan membeli ikan sendiri di pasar ikan Depok dan kami hanya menjual jasa mengolah ikan saja yang hingga saat ini jasa memasak hanya Rp 15.000 perkilogram baik dimasak bakar atau dengan kuah seperti saus asam tiram pedas," tambahnya.

Pemilik rumah makan seafood lainnya di pantai Depok, Henri mengaku sangat tidak nyaman dengan kenaikan harga bahan baku ini. Karena, memberatkan calon pembeli akibat harga ikan sangat mahal.

"Ya akhirnya, kami hitung harga lama meski harus merugi, tapi kedepannya pelanggan tidak akan lari ke rumah makan yang lainnya," ungkapnya. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya