Meriahnya Lebaran di Los Angeles

Salat Ied di Los Angeles
Sumber :
  • KJRI Los Angeles
VIVA.co.id
Sambut Lebaran, KAI Semarang Luncurkan Kereta Terpanjang
Masyarakat muslim Indonesia di Los Angeles, Amerika Serikat menghadiri Shalat Idul Fitri di KJRI Los Angeles, Jum’at waktu setempat, 17 Juli 2015, yang bertepatan dengan 1 Syawal 1436 Hijriah.  Demikian ungkap siaran pers Konsulat Jenderal RI di Los Angeles, salah satu kota utama di Amerika Serikat. 
Gencatan Senjata Suriah, Rencana B AS Dipertanyakan Rusia

Shalat Idul Fitri dimulai pada pukul 08.30 pagi di lapangan parkir KJRI Los Angeles, diikuti oleh sekitar 500 umat muslim yang berasal dari Los Angeles dan sekitarnya. Bertindak selaku imam shalat Idul Fitri adalah Dr. Hilman Latief, dosen Fakultas Agama Islam dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, yang diundang secara khusus oleh KJRI Los Angeles dalam rangka perayaan Idul Fitri tahun ini.

Dalam ceramahnya, Dr. Hilman Latief menekankan pentingnya menjaga dan membina tali persaudaraan dalam membangun masyarakat Muslim yang berkemajuan. Sebagai tulang punggung akan kuatnya suatu kaum, menjaga dan membina tali persaudaraan dilakukan dengan memahami dua makna, yaitu persaudaraan antar sesama umat muslim dan persaudaraan secara Islam yang memberikan keleluasaan bagi kaum muslimin untuk memperkuat hubungan dengan umat lainnya. 

AS Apresiasi Ilmuwan Perempuan RI Melalui Riset

Rangkaian acara perayaan Idul Fitri dilanjutkan dengan Open House di Wisma Indonesia Los Angeles. Acara Open House dimulai pukul 11.00, diawali sambutan dari Konsul Jenderal RI Los Angeles, Umar Hadi. Konjen Umar Hadi menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri kepada seluruh umat muslim Indonesia, khususnya para hadirin, serta ucapan terima kasih atas kehadiran masyarakat Indonesia pada open house ini. 

Tercatat sekitar 1.000 orang pengunjung yang tidak hanya terdiri dari masyarakat Indonesia saja tetapi juga masyarakat asing yang berasal dari kawasan Los Angeles dan sekitarnya. Acara open house tersebut berisi ramah tamah dan halal bihalal sambil menikmati hidangan khas Indonesia, seperti ketupat, opor ayam, dan rendang, yang dimeriahkan pula oleh live music.

Suasana Lebaran di Los Angeles

Selama bulan Ramadhan tahun ini, masyarakat muslim Indonesia di Los Angeles dan sekitarnya aktif mengadakan sejumlah kegiatan. Secara rutin, masyarakat Indonesia yang tergabung dalam Pengajian Los Angeles mengadakan acara berbuka bersama dan shalat tarawih bersama setiap hari di KJRI Los Angeles, dengan mendatangkan sejumlah penceramah.

Selain itu, juga diselenggarakan acara peringatan Nuzul Qur’an yang dalam rangkaiannya termasuk pula berbagai kegiatan untuk remaja dan anak-anak, seperti lomba menghafal ayat-ayat suci Al-Qur’an, lomba membaca Al-Qur’an, dan lomba menggambar.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya