Tiga Tips Hindari Kecelakaan Saat Arus Balik

Orangtua bonceng anaknya naik motor.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Budi Candra Setya
VIVA.co.id –
10 Alasan Baik Melakukan Pelesir Sendirian
Masa libur Lebaran hampir usai, saatnya meninggalkan kampung halaman, kembali ke ibukota dan berjibaku dengan aktivitas. Tentu saja, seperti halnya arus mudik, arus balik yang melibatkan banyaknya jumlah kendaraan, menyebabkan satu kendala, yakni kemacetan.

Trik Hilangkan Rasa Takut saat Pelesir

Untuk itulah, Tjandra Yoga Aditama SpP(K), MARS, DTM&H, DTCE, selaku Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kemenkes RI, memberikan tiga tips mengantisipasi keamacetan yang terjadi pada arus balik lebaran.
Tahun Baru Hampir 400 Ribu Kendaraan Lintasi Tol Cikampek


Pertama, adalah beristirahat ketika lelah.


"Kemacetan pasti akan menyebabkan rasa lelah dan ngantuk, untuk itu, lebih baik beristirahatlah terlebih dahulu, untuk menghindari kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan oleh supir yang mengantuk," ujar Tjandra pada
VIVA.co.id.


Selain itu, penting juga bagi Anda untuk mengindari konsumsi minuman atau obat-obatan tertentu yang membuat Anda terjaga.


"Konsumsi minuman dan obat yang berlebih bisa membahayakan tubuh, dan rasa kantuk akan tetap menyerang," katanya.


Antisipasi lain yang harus dipertimbangkan adalah terhadap polusi udara, yang membahayakan sistem pernapasan Anda, para pengendara bermotor.


"Pengendara motor sebaiknya gunakan masker yang tebal agar bisa menangkal masuknya partikel jahat ke dalam hidung, bagi yang mengendarai mobil, lebih baik tutup jendela mobil Anda dan pasang pendingin agar polusi tidak masuk dan mencemari tubuh," ucap dia.


Sebagai tindak pencegahan terhadap kecelakaan lalu lintas, sebaiknya Anda memeriksa kendaraan dan semua keperluan yang akan dibawa pulang ke kota besar sebelum memulai perjalanan. Jangan lalai, karena bisa mencabut nyawa Anda dan orang terdekat. (ren)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya