Film Suanggi yang Angkat Budaya Tidore Segera Dirilis

Gunung Kiematubu, Tidore
Sumber :
  • Tim Katastropik Purba

VIVA.co.id - Satu lagi film berkarakter budaya nasional yang berasal dari tanah Tidore, Maluku Utara akan dirilis. Film Suanggi, mengangkat salah satu budaya terpendam di Tidore.

Legenda Suanggi Tidore Diangkat ke Layar Lebar

Suanggi adalah sebuah kesombongan yang muncul dari emosi  berlebihan. Penyebabnya karena rasa iri. Itulah yang menjadi latar belakang Produser Ade Muhamad Nur mengangkat film bertitel 'Suanggi'.

Film yang dibintangi Debi Sexiola, Yati Surahman, Doli Martin dan Fivey ini, mengambil kisah tentang ilmu hitam yang dimiliki masyarakat Tidore, Maluku utara, Indonesia Timur.

Kombes Ade Safri Ungkap Belum Ada Permohonan Penangguhan Penahanan TikToker Galih Loss

"Suanggi itu, suatu ilmu hitam yang muncul tiba-tiba di saat seseorang  mengalami emosi yang berlebihan. Dan suanggi itu, suatu ilmu yang didapat lewat proses belajar dan didapat dari turunan," ujar Produser Ade Muhamad Nur yang juga Ketua FPMM DPD Timur  dan Sekjen FB. LMP di kawasan Jakarta Timur baru-baru ini.

Ade menambahkan, suanggi bentuknya bisa berubah menjadi binatang.

Percepatan Implementasi AI, Lintasarta Menjalin Kerjasama Strategis Kembangkan Solusi Industri 

"Jadi di Tidore Maluku Utara, Indonesia bagian Timur, Suanggi itu hingga kini masih ada. Dan film ini, akan kita angkat sesuai peristiwa sebagaimana adanya," kata Ade Muhammad, Produser sinetron Nyong Mutiara Hitam di ANTV ini.

Diangkatnya cerita rakyat Indonesia bagian Timur ini, yang kini tengah menjalani syuting adalah sebagai informasi bahwa Suanggi masih ada di negara kita.

"Sebagai informasi bahwa ilmu kesaktian  tersebut masih ada, layaknya leak di Bali."

Suanggi bermula dari teror penganut ilmu hitam. Di saat emosi berlebihan, kesombongan karena iri, timbulah suanggi. Berperan sebagai Suanggi adalah Doli Martin. Ia murka karena cintanya ditolak  pihak wanita. Dan dia pun menjadi Suanggi.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya