Investasi di Sektor Pertanian Naik

Franky Sibarani.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf
VIVA.co.id
Sofjan Wanandi: Demo Tak Pengaruh Iklim Investasi
- Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyatakan, minat para investor untuk menanamkan modalnya di sektor pertanian cukup tinggi. Hal ini merujuk kepada perkembangan pengajuan izin prinsip dan minat yang sudah disampaikan kepada tim pemasaran investasi BKPM di sektor tersebut

Aprindo: Pusat Belanja dan Mal Buka Seperti Biasa

Kepala BKPM, Franky Sibarani, mengatakan data BKPM mencatat pengajuan izin prinsip sektor pertanian periode Oktober 2014-Juni 2015 sebesar Rp56,74 triliun.
Minat Investasi Tak Terpengaruh Aksi Demo 4 November


"Jumlah ini naik 134,8 persen dibandingkan dengan pengajuan izin prinsip sektor yang sama periode Oktober 2013-Juni 2014 sebesar Rp24,17 Triliun," kata Franky dalam keterangan persnya kepada
VIVA.co.id
, Selasa 21 Juli 2015.


Ia mengatakan, izin prinsip yang dicatat BKPM meliputi bidang usaha peternakan serta tanaman pangan dan perkebunan. Kenaikan nilai pengajuan izin prinsip ke BKPM menunjukkan potensi investasi di sektor pertanian cukup tinggi.


"Kami memberikan perhatian terhadap masuknya investasi untuk bidang usaha peternakan, karena dapat mendukung upaya pemerintah untuk menciptakan swasembada daging. Sesuai porsinya, BKPM mendorong masuknya investasi di sektor yang dapat mendukung terciptanya swasembada tersebut," ujarnya.


Franky menambahkan, selain pengajuan izin prinsip di atas, tim pemasaran investasi BKPM juga mencatat adanya 20 investor yang sudah menyatakan ketertarikannya untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Dari jumlah tersebut, 16 investor di antaranya sudah menyampaikan rencana nilai investasinya sebesar US$2,33 Miliar.


"BKPM membagi minat investasi ke dalam 3 kategori: serius, minat dan prospektif. Untuk kategori serius terdapat 5 investor dengan nilai investasi sebesar US$378 Juta. Mereka diharapkan dalam waktu dekat akan mengajukan izin prinsip ke BKPM," katanya.


Sementara untuk minat investasi lainnya masih dalam tahap studi kelayakan. Tim pemasaran investasi BKPM terus mengawal agar minat yang ada dapat segera ditingkatkan dalam bentuk pengajuan izin prinsip


Menurut Franky, saat ini pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian dan Kementerian/Lembaga lainnya untuk memastikan aturan-aturan yang ada dapat mendukung percepatan realisasi investasi yang sudah diajukan izin prinsipnya ke BKPM.


Sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang menjadi fokus pemasaran investasi BKPM. Sektor lainnya yang menjadi fokus pemasaran investasi BKPM adalah sektor infrastruktur khususnya listrik dan pelabuhan, maritim, pariwisata dan kawasan, serta industri, terutama industri padat karya, orientasi ekspor dan substitusi impor. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya