60 Persen Pemudik dari Sumatera Kembali ke Jawa

Orangtua bonceng anaknya naik motor.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Budi Candra Setya
VIVA.co.id
Tahun Baru Hampir 400 Ribu Kendaraan Lintasi Tol Cikampek
- Arus balik pemudik Lebaran hingga pagi ini terus terjadi di Pelabuhan Merak, Banten. Para pemudik asal Sumatera dari Pelabuhan Bakheuni, Lampung, diperkirakan akan terus memadati Merak hingga Sabtu pekan ini. 

Pelabuhan Merak Dipadati Ribuan Mobil Pribadi
Kepala Manager PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak, Nana Sutisna, saat diwawancarai tvOne, Rabu 22 Juli 2015 mengungkapkan, hingga hari ini sekitar 60 persen dari 135 ribu pemudik pejalan kaki sudah kembali masuk melalui pelabuhan tersebut. 

Antrean Truk di Pelabuhan Merak Mencapai 6 Km
"Untuk pemudik dengan kendaraan pribadi juga sudah sekitar 60 persen dari 65 ribu pemudik yang tercatat menggunakan moda transportasi penyeberangan menuju Lampung," ujarnya dalam acara Apa Kabar Indonesia Pagi. 

Puncak arus mudik menurutnya terjadi mulai dari kemarin H+4 hingga hari ini H+5 Lebaran. Meskipun masih akan ada arus balik akhir pekan ini, diperkirakan volumenya sudah tidak terlalu besar.   

Hal tersebut dikarenakan masa cuti bersama sudah berakhir sejak kemarin. Hari ini, kantor-kantor pemerintahan dan sebagian pusat-pusat ekonomi sudah kembali beraktifitas secara normal. 

"Jumat dan Sabtu diperkirakan agak landai, karena pegawai sudah mulai kembali, tinggal sisa-sisanya saja," tambahnya. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya