Asupan Super untuk Menyehatkan Hati

Ilustrasi buah apel
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Tubuh manusia terdiri dri berbagai organ. Salah satunya, hati. Hati merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki berbagai fungsi. Bahkan tugas hati tidak dapat tergantikan dengan organ lainnya. Untuk itu, penting untuk menjaga kesehatan hati.

Seperti diketahui fungsi penting hati untuk melawan infeksi yang menyerang tubuh, memproses makanan yang telah diserap dari usus, memproduksi getah empedu yang berfungsi dalam sistem pencernaan makanan, sebagai penyimpan zat besi, vitamin serta bahan-bahan kimia lain yang penting, mengontrol kadar lemak, glukosa serta asam amino di dalam darah.

Tak hanya itu, organ ini juga membantu tubuh membuang zat-zat racun di dalam tubuh anda.

Karena pentingnya fungsi hati, Anda tentu harus menjaga kesehatan hati.  Anda pun bisa memulainya dengan mengonsumsi empat asupan berikut, seperti dilansir laman Boldsky.

Apel

Buah yang satu ini, sudah terkenal memiliki kandungan serat yang baik untuk pencernaan. Serat inilah yang kemudian meningkatkan sekresi dalam hati, sekaligus membuang racun yang masuk ke dalam tubuh, dengan kandungan antioksidannya. Hal ini bisa membentengi Anda dari gangguan organ hati yang membahayakan.

Pepaya

Salah satu buah tropis ini, selain mudah ditemukan di Indonesia, juga memiliki kebaikan untuk kesehatan organ hati. Kebaikannya, mampu menyembuhkan masalah pada organ hati, dan mencegah terjadinya kerusakan yang sama. Konsumsi buah pepaya secara rutin, agar kesehatan hati dapat terjamin.

Kunyit

Selain dapat digunakan untuk mengobati luka dan untuk menambah citarasa makanan, kebaikan yang dimiliki oleh kunyit, juga bisa membuat organ hati lebih sehat. Hal ini karena, kunyit dilengkapi oleh nutrisi baik yang mampun mencegah terjadinya peradangan dan infeksi, serta dapat menyaring racun yang ada di dalaam organ hati.

Air putih

Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal

Konsumsi optimal dari air putih, bisa menjadi cara termudah menjaga kesehatan organ hati Anda. Dengan asupan air putih yang cukup, Anda bisa mendetoksifikasi hati dan membuat proses penyerapan nutrisi berjalan dengan baik. Tak hanya itu, kesehatan organ lain juga dapat terjaga dan terlindungi dengan baik.

Ilustrasi organ lambung.

Tips Redakan Asam Lambung untuk Lansia

Orang lanjut usia lebih rentan terhadap gangguan asam lambung

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016