Tragedi Berdarah Tolikara, DPR Betuk Tim Investigasi

Kerusuhan Tolikara Papua
Sumber :
  • VIVA.co.id/Banjir Ambarita (Papua)

VIVA.co.id - Tragedi memilukan di Tolikara pada saat Hari Raya Idul Fitri telah menuai kecaman dari berbagai pihak. Ketua Komisi III DPR Azis Syamsudin mengatakan, kejadian tersebut harus dilihat apa permasalahan secara mendasarnya.

Komisi VII Dukung Upaya Pemerintah Perkuat Pertamina

"Kejadian di Papua dan di berbagai wilayah perlu kita lihat secara mendasar dan apa yang menjadi penyebabnya," kata Azis, Rabu 22 Juli 2015.

Menurutnya insiden tersebut perlu dilihat dari berbagai sisi, termasuk aspek ekonomi.

Pimpinan DPR Nilai Sudah Cukup Bukti Jadikan Ahok Tersangka

"Dari sudut pandang ekonomi juga harus kita lihat. Kan di situ (Tolikara) banyak perusahaan, ada perusahaan minyak, gas, emas, kayu, dan sebagainya," ujar Azis.

Ia pun meminta aparat penegak hukum untuk juga melakukan pengawasan dari sisi kontrak perusahaan-perusahaan asing yang beroperasi di daerah tersebut.

Cita Citata Cabut Laporan terhadap Anggota DPR

Mengenai anggapan adanya intervensi asing yang memicu terjadinya tragedi memilukan di Tolikara, Azis menyatakan bahwa hal yang terpenting adalah bagaimana kita menguatkan pertahanan negara.

"Kita jangan bepikir ada intervensi asing atau tidak, tapi kita harus menguatkan fondasi ketahanan negara baik dari struktur ekonomi, sosial-budaya, hukum, dan politik. Kalau kita kuat fondasinya, kan tidak ada masalah sebenarnya," kata Azis.

Untuk mengusut tuntas dan mencegah terjadinya insiden ini terulang kembali kelak, Komisi III DPR berinisiatif untuk membentuk tim investigasi dan akan membahas masalah ini di rapat pleno.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya