Lebaran, ASDP Indonesia Ferry Angkut 2,2 Juta Pemudik

Pemudik di Dermaga I Pelabuhan Merak
Sumber :
  • ANTARA/Asep Fathulrahman

VIVA.co.id - PT. ASDP Indonesia Ferry menyatakan telah menyeberangkan sebanyak 2.281.756 orang penumpang, 301.138 unit motor dan 281.488 unit mobil selama arus mudik Lebaran 2015 sejak H-15 hingga H+2.

Sebagian Pelabuhan di Indonesia Akan Diswastanisasi

Jumlah ini terpantau dari 8 lintasan penyeberangan padat pemudik di seluruh Indonesia yaitu Merak-Bakauheni, Ujung-Kamal, Ketapang-Gilimanuk, Lembar-Padangbai, Kayangan-Pototano, Balikpapan-Penajam dan Bangka-Tanjung Apiapi.

Pada periode yang sama, secara akumulatif pemudik tahun ini meningkat sebanyak 5,7 persen untuk penumpang, 4,8 persen untuk motor dan 7 persen untuk kendaraan roda empat/lebih. Tahun lalu ASDP Indonesia Ferry menyeberangkan 2.253.865 orang, 287.572 motor dan 263.507 mobil.

Terminal 3 Beres, Terminal 1 dan 2 Soeta Segera Direnovasi

"Peningkatan ini sudah kita prediksi sebelumnya. Oleh karena itu sejak jauh hari kita sudah memperbaiki banyak hal agar bisa memberikan kenyamanan perjalanan mudik saudara-saudara kita," kata Direktur ASDP Indonesia Ferry, Danang S. Baskoro, dilansir dari laman BUMN.go.id, Kamis, 23 Juli 2015.

Menurut dia, kesiapan armada, perbaikan fasilitas dan sarana pelabuhan, kesiapan pengamanan, kesiapan SDM dan pelayanan informasi pemudik sudah disiapkan sejak lama.

Menhub Klaim Terminal 3 Bisa Saingi Bandara Tercanggih

"Yang paling nyata ada peningkatan trip kapal yang melayani hingga 15 persen, dari 8.812 trip tahun lalu menjadi 10.918 trip tahun ini. Hasilnya adalah mudik yang cepat dan hampir tanpa antrean di hampir seluruh pelabuhan penyeberangan," katanya bangga.

Sementara, untuk sisa arus balik dari H+3 hingga H+7 ke depan, ASDP tetap akan memaksimalkan pelayanan dan segala sumber daya yang ada untuk memastikan pemudik bisa kembali ke tempat asalnnya masing-masing dengan selamat dan aman.

"Kami dengan dukungan berbagai pihak tetap akan bersiaga 24 jam nonstop agar arus balik pemudik bisa lancar, aman, selamat dan menyenangkan."

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya