Cara 'Si Cantik' Caroline Manjakan Pelanggan Telkomsel

Karyawan call center Telkomsel Caroline.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto
VIVA.co.id
Perlebar Transaksi Non Tunai, Telkomsel Gandeng KFC
- Dalam upaya memberikan pelayanan terbaik, Telkomsel menyediakan informasi dan wadah keluhan untuk para pelanggannya, melalui
call center
Telkomsel Rilis Paket 3 in 1 Bagi Jemaah Haji
. Telkomsel mengklaim call center
Layanan Data dan Internet Tumbuhkan Bisnis Telkom
-nya merupakan yang tercanggih.

Call center
yang dinamakan Caroline
(Customer Care On-Line)
merupakan pusat pelayanan pelanggan, di mana siap melayani pelanggan non-stop 24 jam sehari, tujuh hari dalam seminggu untuk memberikan pelayanan, terkait kebutuhan dan permasalahan pelanggan.


Saat ini, berdasarkan keterangan tertulisnya, Kamis, 23 Juli 2015,
call center
"cantik" Caroline baru tersebar di lima kota Indonesia, di antaranya Bandung, Jakarta, Medan, Surabaya, dan Makassar.


"Sebagai operator terbesar di Indonesia dengan jumlah pelanggan yang mencapai lebih dari 143 juta dan terus bertambah, Telkomsel tentunya mendapatkan berbagai masukan, keluhan, maupun pertanyaan dari para pelanggan. Hal ini disikapi Telkomsel dengan terus meningkatkan kualitas pelayanan dan
customer experience
," ujar
Vice President Customer Care Management
Telkomsel, Andri Wibawanto.


Andri melanjutkan, peningkatan layanan di
call center
akan berdampak pada penyampaian informasi dan komunikasi yang bersifat edukasi kepada pelanggan. Disampaikannya, Telkomsel berkomitmen untuk berkontribusi dalam menciptakan konsumen cerdas guna mendukung perkembangan masyarakat digital di Tanah Air.


Sekadar informasi, tahun ini, Telkomsel menerapkan beberapa sistem baru bagi Caroline untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan, yang di antaranya adalah
single system
–CRM
(Customer Relationship Management)
.


Dengan sistem baru tersebut, interaksi dengan pelanggan melalui Caroline, GraPARI, ataupun media sosial akan selalu tercatat dan terpantau. Sistem CRM yang disertai layanan terintegrasi ini pun dapat melakukan identifikasi profil pelanggan, dan permasalahan pelanggan, sehingga respons yang diberikan terhadap setiap panggilan yang masuk akan lebih akurat dan tajam.


Selain itu, pelanggan sekarang ini dapat melakukan perubahan atau pembelian layanan secara mandiri melalui Caroline dengan adanya sistem
Self-Service
IVR.


Diketahui, Caroline menerima sekitar 1,4 juta panggilan tiap bulannya dan 98,6 persen dari panggilan-panggilan itu berhasil tersambung langsung dengan petugas Caroline di bawah 15 detik. Telkomsel pun membekali 1.200 petugas Caroline dengan pemahaman budaya lokal, agar pelanggan yang memiliki latar belakang budaya yang berbeda-beda dapat terlayani dengan baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya