Ini Pendapat Pria Tentang Wanita Berada 'di Atas'

Ilustrasi wanita karier presentasi
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Nenek 99 Tahun Masih Aktif Jadi Instruktur Aerobik
- Emansipasi dan kesetaraan gender, tak lagi menjadi sesuatu yang asing saat ini. Hal ini kemudian memberikan kesempatan pada wanita untuk melakukan pekerjaan pria, salah satunya menjadi pimpinan perusahaan. Lalu, bagaimana pandangan pria mengenai hal ini? 

Orang Berkeluarga Punya Karir Lebih Baik
Sebuah penelitian menunjukkan, sebagian besar karyawan pria lebih takut dan terancam pada atasan wanita, ketimbang atasan pria. Kecenderungan ini, ternyata dapat mengganggu kinerja para karyawan pria di lingkungan kerja.

Tips Bangun Citra Diri Positif di Media Sosial
"Konsep maskulinitas kini semakin abstrak, apalagi ditambah dengan banyaknya wanita yang memegang peran maskulin dalam keluarganya," ujar Ekaterina Netchaeva, dari Bocconi University di Milan.

Dilansir dari Times of India, keberadaan atasan wanita untuk para pria, bisa menjadi ancaman tersendiri yang mengganggu sistem kerja dan kepercayaan dirinya.

"Meskipun pria tersebut mendukung penuh kesetaraan gender, keberadaan atasan wanita tetap saja menempatkan pria di posisi yang tidak nyaman, terlepas dari sadar atau tidak sadarnya pria tersebut," ujarnya menambahkan.

Sebuah penelitian juga berhasil dilakukan untuk mengetahui bagaimana pandangan pria terhadap atasan wanita. Penelitian ini dilakukan kepada 52 mahasiswa dan 24 mahasiswi, yang diminta menawar gaji dengan atasan pria dan wanita.

Sebagian besar dari peserta survei mengakui bahwa mereka merasa takut dan tak berani melakukan tawaran lebih ketika berhadapan dengan atasan wanita. Beberapa dari mereka juga merasa takut dan memandang bahwa permintaan itu terlalu berisiko bila diajukan pada atasan wanita.

(mus)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya