Menteri Perindustrian Minta PLN Turunkan Tarif Listrik

Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVA.co.id
34 Proyek Pembangkit Listrik Mangkrak, Negara Merugi
- Menteri Perindustrian Saleh Husin,berharap PT PLN (Persero) menurunkan tarif listrik untuk industri. Tujuannya, agar sektor industri dapat bersaing dengan negara tetangga.

Dapat Arahan Menteri BUMN, PLN Bakal Caplok PGE

Untuk dapat merealisasikan hal tersebut, Menperin akan bekerja sama dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, BPH Migas, dan PLN.
Pengamat: Proyek Infrastruktur Jangan Disetop


"Kalau (tarif listrik) turun, itu mempengaruhi industri keramik atau industri lainnya. Betul-betul harus energi ini yang harus bersaing, kalau kita mau agar produk kita ini bisa bersaing dengan negara-negara tetangga, ini yang harus digenjot dan didorong," kata Saleh, di Jakarta, Kamis, 23 Juli 2015.


Harapan Saleh setelah dapat duduk bersama dengan Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil dan dapat mengambil kebijakan, yakni menurunkan tarif listrik untuk sektor industri.


Menperin menjelaskan, tarif listrik di Indonesia lebih mahal dari Singapura dan Malaysia. Tarif listrik di Indonesia mencapai delapan persen dari biaya produksi, sedangkan Malaysia berkisar tiga hingga lima persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya