Ditemukan, Planet yang Paling Mirip dengan Bumi

Ilustrasi planet dan Bumi.
Sumber :
  • REUTERS/NASA/Ames/JPL-Caltech/T. Pyle/Handout
VIVA.co.id
VIDEO: Wajah Bumi 24 Jam, dari Terang Menuju Gelap
- Tim ilmuwan di Amerika Serikat memonitor sebuah planet yang berada di galaksi lain. Planet itu diyakini sangat mirip dengan Bumi dan mengorbit di sebuah bintang yang mirip matahari.

Kejutan, Ditemukan Tata Surya Terbesar

Penemuan ini kian menguatkan dugaan tim ilmuwan bahwa bisa jadi ada kehidupan di tempat selain Bumi di Jagat Raya. Menurut kantor berita
Lempeng Tektonik Bumi Terbentuk 3 Milyar Tahun Lalu
Reuters , planet itu ditemukan tim astronom dengan menggunakan teleskop antariksa Kepler milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA).


Planet itu diyakini 60 persen lebih besar dari Bumi dan berjarak 1.400 tahun cahaya di dalam konstelasi Cygnus. "Bagi saya, ini adalah planet yang sejauh ini paling mirip dengan Bumi," kata Jon Jenkins, astronom NASA saat memberi jumpa pers di Moffet Field, California, pada Kamis waktu setempat.


Dinamai Kepler-425b, planet itu mengorbit di sebuah bintang yang bentuk dan suhunya sama dengan Matahari, namun lebih tua. Usia bintang itu diperkirakan 6 miliar tahun, lebih tua dari Matahari yang berumur 4,6 miliar tahun.


"Sangat menakjubkan bahwa planet ini sudah mengorbit di bintangnya selama 6 miliar tahun," kata Jenkins. Jarak Kepler-452b dengan bintangnya kurang lebih sama jauh dengan jarak Bumi dari Matahari, dengan mengorbit selama 385 hari. Bumi butuh 365 hari untuk mengelilingi secara penuh Matahari.


Pada jarak sejauh demikian, suhu permukaan planet itu diyakini cocok bagi cairan. Ini unsur yang krusial untuk memastikan bahwa planet itu bisa menunjang kehidupan.   


Sebelumnya para ilmuwan sudah menemukan sejumlah planet yang sama besarnya dengan Bumi, dengan mengorbit di bintang masing-masing yang disebut "zona layak huni." Namun bintang-bintang itu lebih dingin dan kecil ketimbang Matahari, bintang kuning bertipe G2.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya