Enam Cara agar Anak Pandai Mengelola Keuangan

Ilustrasi anak menabung
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Hemat pangkal kaya. Sejak kecil Anda pasti sering mendengar ungkapan tersebut baik itu di sekolah ataupun di rumah. 

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik
Hal ini memang seringkali diucapkan oleh orang tua dan guru untuk mengajarkan tentang pentingnya menghemat uang dalam hidup. 

Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor
Hanya ada satu cara yang bisa dilakukan untuk berhemat, yaitu dengan menjadi orang yang pandai mengelola keuangan. Kepandaian dalam mengelola keuangan tidak bisa muncul secara tiba-tiba, tapi harus melalui proses dan tahapan yang lama. 

Karena itu, mengajarkan pengelolaan keuangan harus dimulai sejak dini. Ajarkanlah anak Anda agar menjadi orang yang pandai mengelola keuangan dengan enam cara berikut ini.

Perkenalkan mereka dengan uang

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memperkenalkan anak Anda kepada uang. 

Perkenalan ini bisa Anda lakukan mulai dari pecahan yang terkecil sampai yang terbesar. Hal ini perlu dilakukan karena mereka harus mengetahui dulu apa itu uang sebelum bisa belajar mengelolanya. 

Berikan semua informasi tentang jenis-jenis uang, fungsinya, dan bagaimana cara menggunakannya. Selain untuk memperkenalkan mereka dengan uang, hal ini juga bisa menjadi sarana untuk mengajarkan berhitung kepada anak Anda loh.  

Berikan uang jajan

Untuk memahami betapa berharganya uang, tentunya mereka harus memiliki uang sendiri. Tidak ada salahnya jika Anda memberikan uang jajan yang dipegang sepenuhnya oleh sang anak. 

Hitunglah perkiraan uang jajan anak-anak lain seusia anak Anda. Jangan berikan terlalu besar dan jangan juga terlalu kecil, karena hal ini akan berdampak pada bagaimana mereka mengelolanya. 

Membiarkan anak Anda memegang uang sakunya sendiri sangatlah berguna untuk mengajarkan mereka bahwa setiap orang memiliki batas keuangan sehingga mereka harus bisa menghitung penggunaan uang mereka. 

Jika mereka sudah memegang uang sendiri, mereka bisa lebih merasakan dampaknya bila mereka tidak berhati-hati dalam menggunakannya. 

Dengan mengalaminya secara langsung, mereka bisa lebih menyadari pentingnya mengatur uang. 

Ajak anak disiplin menabung

Menabung memang tidak semudah yang semua orang pikirkan, tapi ini akan menjadi lebih mudah jika sudah dibiasakan sejak kecil. 

Sebagai orangtua yang baik, tentunya Anda ingin agar anak Anda bisa pandai menabung. Caranya adalah dengan memberi tahu kepada mereka tentang apa itu menabung dan apa manfaatnya bagi mereka. 

Mulailah dengan menabung secara disiplin di dalam celengan dan ketika usianya sudah cukup, pindahkanlah uang celengan ke rekening tabungan di bank. Ingat, kata kuncinya adalah disiplin.

Ajarkan anak untuk berbagi

Dalam mengajarkan pentingnya mengelola keuangan kepada anak Anda, jangan lupa untuk juga mengajarkan tentang pentingnya berbagi dengan sesama. 

Menjadi orang yang pandai mengatur keuangan bukan berarti membuat mereka untuk menjadi orang yang pelit. 

Berikanlah pengertian yang tepat tentang gunanya berbagi dengan orang lain yang membutuhkan agar mereka dapat mengerti dan melakukannya tanpa rasa terpaksa.

Ajarkan cara mengelola uang lewat permainan

Semua anak pasti suka untuk bermain. Nah, sekarang itu adalah tugas Anda untuk memilih permainan mana yang bisa mereka mainkan dan berguna bagi mereka. 

Melalui permainan, Anda juga bisa mengajarkan mereka untuk pandai mengelola keuangan. 

Belajar sambil bermain adalah momen yang menyenangkan dan juga berguna bagi tumbuh kembang anak Anda. 

Saat ini, ada banyak permainan yang bisa mengedukasi anak Anda tentang mengelola keuangan seperti Monopoly, The Game of Life, dan Cashflow 101. 
Gunakanlah permainan ini untuk mengajarkan tentang cara menggunakan uang, cara mengatur keuangan yang baik, dan tentunya untuk bersenang-senang.


Bawa anak saat berbelanja

Dalam mengajarkan keuangan pada anak, membawanya langsung kepada praktik adalah hal yang penting karena dengan begitu, mereka dapat lebih mudah mengerti dan mencerna pelajaran tersebut. 

Jadi, bawalah anak Anda ketika berbelanja dan berikan penjelasan ketika Anda melakukan pembayaran, mengapa Anda memberikan uang kepada kasir, dan bagaimana cara menghitung biaya serta kembaliannya. 

Pasar tradisional adalah tempat terbaik untuk mengajarkan anak Anda tentang hal ini karena prosesnya yang sederhana dan lebih praktis sehingga lebih mudah dimengerti.


Pandai kelola uang sejak dini

Memulai pelajaran tentang keuangan sejak dini adalah hal yang penting karena persoalan mengatur keuangan berhubungan dengan kebiasaan dan kedisiplinan. 

Jadi jika Anda sudah membiasakan anak Anda untuk mengelola keuangan sejak kecil, hal itu tidak menjadi terlalu sulit ketika mereka sudah besar nanti.

Menjadi orang yang pandai mengelola keuangan tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, tapi memerlukan kebiasaan dan kedisiplinan yang sudah dibangun dalam waktu yang tidak sebentar. Oleh karena itu, mulailah sedini mungkin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya