Eropa Siapkan Misi Cari Kehidupan Alien di Bulan Jupiter

Permukaan Europa
Sumber :
  • NASA/Reuters

VIVA.co.id - Menyusul kesuksesan pesawat Badan Antariksa AS (NASA) dalam misi terbang melintasi Planet kerdil Pluto pada awal Juli, memacu penelitian antariksa lain.

Badan Antariksa Eropa (ESA) mengumumkan sedang menyiapkan misi peluncuran pesawat ruang angkasa yang akan mencari kehidupan asing atau alien di bulan es Planet Saturnus dan Jupiter.

Dikutip dari Ibtimes, Senin 27 Juli 2015, pada pekan lalu, ESA mengumumkan akan membangun pesawat untuk misi itu dengan menggandeng perusahaan manufaktur pesawat terbang, Airbus. Pesawat tersebut akan dinamai Juice (Jupiter Ice Moons Explorer).

Pesawat ruang angkasa tersebut dijadwalkan bisa meluncur pada 2022 dengan misi khusus mencari kehidupan luar bumi di empat bulan es. Keempatnya yaitu Titan, bulan terbesar Saturnus dan tiga bulan Jupiter yaitu Europa, Ganymede dan Callisto.

Dilaporkan pesawat Juice akan menjalankan tugas mencari apakah pada area beku di antara dua planet tersebut bisa mendukung kehidupan luar bumi.

Juice nantinya akan mengeksplorasi melalui pelabuhan lautan di bawah permukaan empat bulan tersebut. Skema itu dipandang akan memberikan pemahaman yang lebih baik apa yang tersembunyi dan lingkungan di bawah kerak es tersebut.

"Semua misi ruang angkasa yang ada saat ini telah sepakat untuk mempelajari asal usul kehidupan dan Tata Surya kita atau menemukan planet luar Tata Surya yang mungkin seperti bumi," ujar Daniel Brown, pakar astronomi dari Universitas Nottingham Trent, Inggris.

Brown meyakini kehidupan lain ada di luar bumi. Bahkan Brown mengatakan ada potensi kehidupan di planet lain termasuk di Jupiter.  "Kehidupan itu juga telah berkembang di lautan bulan es di sekitar planet gas raksasa seperti Jupiter," kata dia.

Brown berharap di area bulan es yang dimaksud itu bisa ditemukan mikroorganisme atau ikan pada lubang air dalam hidrotermal.

Peluncuran Juice nantinya akan dibantu dengan roket Ariane 5. Diperkirakan Juice butuh waktu sekitar 7,5 tahun untuk melewati Bumi, Mars, Venus sebelum melaju cepat menuju sistem Jupiter dengan bahan bakar sedikit mungkin.

Setelah masuk dalam sistem Jupiter, sekitar 3,5 tahun, Juice akan mengitari Jupiter, mengeksplorasi goncangan atmosfer, magnetosphere, cincin gelap Jupiter.

Lima Lukisan Kuno Ini Buktikan Adanya Alien

Dalam kurun waktu tersebut, Juice juga akan mempelajari empat bulan es tersebut, dengan diawali terbang melintasi Callisto, kemudian terbang melintasi Europa untuk mempelajari permukaan es tersebut.

Ilustrasi planet luar tata surya.

Trik Aneh Ini Diyakini Bisa Temukan Alien

Alien diduga juga sedang berupaya mendeteksi manusia.

img_title
VIVA.co.id
2 Maret 2016