Semester I, Malaysia Paling Banyak Investasi di Indonesia

Franky Sibarani.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf
VIVA.co.id
Sofjan Wanandi: Demo Tak Pengaruh Iklim Investasi
- Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani mengungkapkan, selama semenster I tahun ini, Malaysia menjadi peringkat pertama negara yang menanam modal dengan besar di Indonesia. 

Aprindo: Pusat Belanja dan Mal Buka Seperti Biasa
Dia mengatakan, ada beberapa perusahaan besar di negara tersebut yang sedang melakukan ekspansi besar-besaran. Salah satunya di bidang telekomunikasi. 

Minat Investasi Tak Terpengaruh Aksi Demo 4 November
"Malaysia menjadi urutan pertama dalam lima besar negara (penanaman modal asing/PMA) di Indonesia," kata Franky di kantornya, Jakarta, 27 Juli 2015. 

Franky menjabarkan, pada semester I 2014, investasi Malaysia tercatat sebesar US$1,8 miliar. Jumlah tersebut meningkat tajam menjadi US$2,69 miliar pada semester I 2015.

Menurut data BKPM, urutan kedua ditempati oleh Singapura sebesar US$2,3 miliar, Jepang US$1,6 miliar, Korea Selatan US$800 juta, dan Amerika Serikat US$600 juta.

Sementara itu, pada triwulan II, Malaysia juga menduduki peringkat pertama dengan total investasi sebesar US$2,3 miliar, disusul Singapura US$1,1 miliar, Jepang US$400 juta, Amerika Serikat US$300 juta, dan British Virgin Islands US$200 juta. 

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal BKPM, Azhar Lubis mengungkapkan, perusahaan telekomunikasi asal Negeri Jiran yang sedang gencar melakukan ekspansi bisnis di Indonesia yaitu XL Axiata.

"Ada perubahan dalam jaringannya. XL ingin jaringan berubah dari 3G menjadi 4G di setiap daerah," kata Azhar.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya