Pemerintah Minta PLN Fokus Bangun Transmisi

Petugas PT PLN (Persero) melakukan pemeriksaan rutin di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Taman Jeranjang. Lombok, NTB.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf
VIVA.co.id
34 Proyek Pembangkit Listrik Mangkrak, Negara Merugi
- Pemerintah meminta PT PLN Persero fokus untuk membangun transmisi. Inilah yang menjadi alasan pemerintah mengurangi pembangkit listrik yang dibangun PLN dalam proyek 35 ribu megawatt.

PMA Tak Merata Akibat Kurang Listrik
"PLN kami harapkan fokus kepada transmisi dan menyiapkan diri sebagai perusahaan service yang menjalankan operasi," kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Sudirman Said, di Jakarta, Selasa 28 Juli 2015.

Strategi Menteri Arcandra Targetkan PLTP 7.000 MW
Seperti yang diketahui, pemerintah meminta PLN untuk membangun 5 ribu MW pembangkit listrik, sedangkan swasta yang membangun pembangkit sebesar 30 ribu MW. 

Dikatakan bahwa jaringan transmisi yang dibangun dalam proyek 35 ribu MW itu sepanjang 47 ribu kilometer. Jaringan transmisi sepanjang puluhan ribu km ini rencananya mengalirkan listrik dari pembangkit listrik 35 ribu MW itu.

Jaringan inilah yang nantinya akan dibangun oleh PLN. Pemerintah juga tak mau ketika pembangkit listrik 35 ribu MW selesai dibangun, transmisi listrik belum selesai.

"Karena itu, pembangunan pembangkit lebih banyak dikerjakan oleh independent power producer," kata dia.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya