Cara Canggih Google Petakan Polusi Udara Kota

Mobil Google Street View merekam jalanan di Tangerang
Sumber :
  • Antara/ Lucky R

VIVA.co.id - Google meningkatkan inovasi pada mobil Street View-nya. Jika biasanya mobil ini digunakan untuk memetakan jalanan di berbagai kota di belahan dunia, kini Google menambahkan fungsi sensor pada mobil tersebut.

Tapi sensor tambahan ini tak ada kaitannya dengan pemetaan. Sensor yang ditambahkan mengukur kualitas polusi udara di jalan yang dilewati oleh mobil tersebut.

Dikutip dari TechCrunch, Rabu, 29 Juli 2015, inovasi ini bisa hadir berkat program Outreach Google Earth. Pada program ini, Google menggandeng penyedia sensor polusi udara, Aclima yang merupakan perusahaan rintisan.

Tercatat Google sudah menjalin kerja sama dengan Aclima dalam satu setengah tahun terakhir. Jadi mobil Street View Google telah terpasang sensor kualitas udara.

Pendiri Aclima, Davida Herzl mengatakan pada prinsipnya sensor ini akan menghasilkan data yang dibutuhkan untuk area perkotaan sehingga bisa warga bisa mengetahui kualitas udara secara lebih rinci.

Selama program percontohan, sensor itu telah mengumpulkan 150 juta titik data kualitas udara selama sebulan lebih saat mobil Street View melaju di sekitar Denver, Colorado, AS.

Dalam program ini, sensor akan mengukur elemen kimia yang berbahaya bagi pernapasan seperti nitrogen dioksida, nitrik oksida, ozon, karbon monoksida, karbon dioksida, metana, karbon hitam sampai senyawa organik vilatile (VOC).

Tujuan pengukuran iniĀ  agar nantinya data bisa tersedia bagi warga sehingga mereka dan pemerintah lokal bisa melihat kualitas udara di jalanan kota.

"Kami berharap suatu hari nanti informasi ini bisa diakses seperti cuaca," kata Herzl.

Melihat potensinya, Google kini setuju untuk membeli sensor luar Aclima dan menerapkannnya secara lebih luas ke berbagai kota di dunia. Google pun terbuka untuk memberikan data yang dikumpulkan juga bagi organisasi lain.

"Kami tahu pohon menyerap polusi, khususnya NO2. Jika kami dapat mengetahui di mana titik polusi, kami bisa mengetahui di mana untuk meletakkan ruang hijau," kata Herzl.

Atasi Pencemaran Udara, Batan Pakai Teknik Analisis Nuklir
Pengguna masker yang jumlahnya semakin meningkat di Jakarta akibat masih buruknya kualitas udara.

Jurus Batan Atasi Masalah Polusi Udara

Kualitas udara perkotaan di Indonesia cenderung menurun

img_title
VIVA.co.id
29 Juli 2016