Menguak Pentapolis Kuno di Tengah Sahara.

M'Zab, pentapolis kuno di tengah Sahara
Sumber :
  • Istimewa/Yann Arthus-Bertrand

VIVA.co.id – Apa yang Anda bayangkan saat mendengar kata oasis? Danau di tengah gurun pasir yang dihiasi nyiur kelapa dan tanaman hijau setidaknya pasti terlintas. Namun di lembah M’Zab, sekitar 600 km di selatan Algiers, Ibukota Aljazair.

Secara geografis, lembah unik ini terletak jauh di tengah Gurun Sahara. Jika dilihat dari atas, lembah ini terlihat seperti labirin besar atau tumpukkan lego yang membentuk benteng.

Bagaimana tidak, M’Zab merupakan pentapolis alias bangunan besar yang terdiri dari lima kota, tersebar sepanjang lembah sepanjang 10 kilometer.

Dilansir dari Amusing Planet, bangunan yang juga dikenal sebagai The Mozabites ini didirikan pada abad ke-11 oleh Mozabite Berber. Pada awalnya, Mozabites bertempat di Tahert, namun di masa lalu, Mozabites pernah terbakar habis sehingga warga pindah dan menetap di lembah M'Zab.

Di sana mereka membangun lima kota dengan benteng besar serta dinding yang mengelilingi kota, serta sebuah masjib besar dengan minaret tinggi, yang difungsikan sebagai menara pengawas.

Masing-masing dari lima kota itu, Ghardaia, Melika, Beni Isguen, Bou Noura dan El Atteuf memiliki bangunan rumah berbentuk kotak dengan warna pasir. Hunian itu dibangun secara konsentris di sekitar masjid pusat yang dibangun di puncak bukit. Bangunan didirikan rapat satu sama lain, dengan lorong-lorong sempit dan berliku

Masjid ini dipahami sebagai benteng terakhir perlawanan dalam hal pengepungan, oleh karena itu, tidak heran bila di bawah mesjid juga terdapat gudang serta lumbung.

Daftar Tempat Wisata Unik di Bali

Dari kelima kota di pentapolis itu, Ghardaia adalah kota utama dan ibukota M'Zab, sementara El-Ateuf adalah pemukiman tertua di wilayah tersebut. Beni Isguen adalah yang paling misterius dari semua kota M'Zab. (ren)

Jembatan rel kereta di kota Rockhampton, Queensland, Australia.

Unik, Jembatan Rel Kereta Ini Hanya Ada di Australia

Terletak di kota Rockhampton, Queensland, Australia.

img_title
VIVA.co.id
2 Agustus 2016