Pefindo Tetapkan Peringkat Wika Beton idA+

Sejumlah pekerja saat menyelesaikan proyek infrastruktur. (Ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA/Septianda Perdana
VIVA.co.id
Banyak Kontrak Mundur, Laba Adhi Karya Turun
- PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) memberikan peringkat idA+ kepada PT Wijaya Karya Beton Tbk, dengan posisi
outlook
Laba Bank Mayora Ditopang Naiknya Penyaluran Kredit
stabil. Peringkat berlaku selama 3 Juli 2015-1 Juli 2016.

Jika Menguntungkan, BNI Kaji Buka Cabang di Malaysia
"Kami berikan peringkat single A plus untuk Wika Beton dengan outlook stabil," ujar analis Pefindo, Martin Pandiangan, di gedung Bursa EFek Indonesia (BEI), Jakarta, Rabu 29 Juli 2015.

Martin menjelaskan, faktor-faktor yang mendukung prospek, yakni berdasarkan keunggulan posisi pasar Wijaya Karya Beton yang akan diuntungkan oleh program percepatan pembangunan infrastruktur, wilayah cakupan yang luas dan produk-produk yang terdiversifikasi, serta indikator struktur permodalan yang konservatif dan proteksi arus kas yang kuat.

Sedangkan faktor-faktor yang membatasi peringkat, analis Pefindo, Haryo Koconegoro, menuturkan seperti eksposur terhadap industri konstruksi yang memiliki volatilitas tinggi, dan adanya ancaman dari pemain-pemain baru. 

"Peringkat dapat ditingkatkan jika Wijaya Karya Beton mampu meningkatkan pangsa pasar, terutama dengan meningkatkan target arus kas dari ekspansi usaha, dan mempertahankan profil keuangan perusahaan yang kuat," tuturnya.

Dia menuturkan, peringkat juga dapat diturunkan, jika perseroan secara signifikan gagal mencapai target order book dan pendapatan yang dapat menekan marjin perseroan.

Selain itu, jika kinerja dari ekspansi usaha tidak memberikan kontribusi signifikan sebagaimana yang diharapkan.

"Juga jika tambahan nilai utang lebih tinggi dari pada yang diproyeksikan yang akan memperburuk profil keuangan perusahaan," ujarnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya