Wanita, Kenali Dua Bahan Aktif Agar Awet Muda

ilustrasi wanita cantik / rambut indah
Sumber :
  • istock

VIVA.co.id – Bagi kaum hawa, menjaga kecantikan sama pentingnya dengan investasi. Karena itu, pemilihan kosmetik dan produk perawatan kulit tidak bisa hanya jadi hal sepintas lalu.

Heboh Tren Make-up Pokemouth di Media Sosial

Dibutuhkan riset mendalam, guna mengetahui bahan aktif yang terkandung dalam kosmetik untuk menjaga kecantikan di masa depan.

Terlebih, jika usia sudah menginjak 30 tahun ke atas. Metabolisme pun semakin melambat. Artinya, kulit butuh bantuan agar bisa tetap terlihat kencang.

Caranya, dengan mengonsumsi makanan kaya nutrisi dan vitamin yang baik untuk kulit, atau memasukkan senyawa yang bisa memicu produksi kolagen menggunakan krim, serta serum.

Berikut ini, merupakan dua bahan aktif guna mempertahankan keremajaan kulit, dilansir laman New Beauty.

Retinol

Menggunakan produk berbahan super seperti retinol dapat membantu mengembalikan kerusakan akibat sinar matahari. Hal ini juga berguna melawan garis halus, keriput, meningkatkan warna kulit, tekstur dan membangun kolagen.

Retinol merupakan senyawa yang digolongkan ke dalam kelompok vitamin A. Itulah sebabnya, senyawa retinol ini sangat berperan aktif untuk membentuk kompleks pigmen yang sensitif.

Dalam makanan, senyawa ini bisa ditemukan di sayur dan buah berwarna ungu, merah, atau oranye seperti wortel, ubi ungu, pepaya, semangka dan jeruk bali. Sayuran hijau juga ada yang kaya retinol seperti brokoli, kol, bayam, dan bok choi.

Masker Aspirin Mampu Bersihkan Pori-pori Wajah

Antioksidan

Memakai produk mengandung antioksidan sangat membantu untuk melindungi kulit terhadap radikal bebas yang disebabkan polusi dan sinar ultraviolet.

Tidak hanya itu, antioksidan juga membantu menetralisir radikal bebas yang terbentuk sebagai hasil dari cedera pada kulit dan meminimalkan kerusakan DNA.

Sering Mandi Bisa Sebabkan Iritasi

Bukan saja pelindung kulit, tetapi antioksidan juga membantu mengembalikan tanda-tanda penuaan.

Makanan yang kaya antioksidan adalah bawang putih, anggur, blueberi, kacang-kacangan, sayuran berwarna hijau gelap, teh serta ikan. (asp)

Ilustrasi luka

Cara Tepat Tangani Luka Kulit agar Tak Berbekas

Keadaan luka harus lembab atau moist, bukan basah.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016