Jangan Takut Punya Utang

Ir. Goenardjoadi Goenawan MM.
Sumber :

VIVA.co.id - Apakah semua orang memiliki utang? Pertanyaan ini muncul dari pembaca.  Tentu saja ini pertanyaan menggelitik, karena konglomerat saja punya utang apalagi rakyat.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik

Kembali kepada pertanyaan pertama, apakah semua orang memiliki utang?

Tentu, ada bermacam-macam utang, mulai dari utang kepada orangtua, keluarga sanak saudara sampai dengan kepada bank desa atau rentenir.

Kedua, jadi apakah konglomerat berutang? Jawabannya ya.  Kelebihan konglomerat adalah akses kepada pinjaman lunak bank yang setara dengan Nomor 7 yaitu corporate loan atau pinjaman lunak.  Dibandingkan dengan rakyat yang terekspose dengan utang kartu kredit dan KTA kredit tanpa agunan yang bunganya 10 kali lebih tinggi.

Ketiga,
mengapa manusia kok harus berutang? Inilah konsep kapitalisme.  Dulu sebelum ada bank para kapitalis menguasai tanah.  Maka saat perang banyak dilakukan land reform.  Kekuatan kapital berbentuk pemilikan tanah.

Sekarang bentuknya meluas bukan saja tanah tapi properti, emas, saham, deposito dan pinjaman bank.  Inti Dari kapitalisme adalah kekuatan kapital.  Ketika Dana investasi asing masuk ke Indonesia prosesnya melalui konglomerat.  Ya, dana investasi asing biasanya senilai ratusan triliun dan karena itu dikuasai oleh konglomerat.

Ada lagi manfaat utang.  Ketika membeli rumah misalnya, developer belum mengurus sertifikat.  Oleh karena itu penting gunanya bank menilai apakah developer ini menjamin akan mengurus sertifikat?

Ada developer yang menjual properti dengan cicilan 48 kali dan tidak bisa melalui bank.  Hati-hati dengan mekanisme ini karena risiko sertifikat tidak dijamin bank.  Jadi transaksi melalui bank merupakan perlindungan jaminan legalitas.

Kredibilitas itu maksudnya seberapa besar jangkauan kredit seseorang.  Bila kredibilitasnya tinggi maka seseorang dipercaya untuk mengelola deal-deal skala besar.

Keempat, Bagaimana kalau rakyat terjerat utang? Tidak hanya rakyat, konglomerat pun banyak yang terlilit utang. Mereka melakukan restructuring dan penjadwalan utang.  Biasanya utang jangka pendek diubah menjadi jangka panjang.  Intinya bank tidak menginginkan kredit macet.

Apakah saya sendiri punya utang? Ya tentu, sepanjang 25 tahun saya punya kredit pemilikan rumah (KPR).  Bahkan keputusan memilih jenis-jenis utang menentukan nasib.  Saya baru memindahkan utang kartu kredit menjadi berbentuk kredit multi guna. Kalau Anda memiliki utang tidak masalah asal tahu kegunaan, manfaat dan bagaimana membayarnya.


Ir. Goenardjoadi Goenawan MM.

Konsultan dan motivator tentang paradigma baru tentang uang. Penulis 10 buku manajemen. Buku terbaru MONEY INTELIGENT, Rahasia Kaya Mulai Berbisnis, dan seri Dua Rahasia Kaya Jangan Cintai Uang segera terbit di Gramedia bulan Juli 2015. Untuk memiliki eBook MI3 Money intelligent 3 silakan e-mail ke goenardjoadi@gmail.com.

Ilustrasi boros belanja.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Siapa sih yang pengen hidup boros?

img_title
VIVA.co.id
27 September 2016