RI Kolaborasi dengan Inggris soal Keantariksaan

Gedung Lapan
Sumber :
  • geolocation.ws
VIVA.co.id
Indonesia Berambisi Bangun Bandara Antariksa
- Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) sepakat untuk bekerja sama dengan Badan Antariksa Inggris (UKSA). Kedua instansi tersebut akan berkolaborasi di bidang sipil keantariksaan.

Lapan Beri Tips Lihat Fenomena Langka di Langit Besok

Seperti dikutip dari situs Lapan, Kamis, 30 Juli 2015, kerja sama antara Lapan dan UKSA itu ditandai penandatanganan naskah
2017, Moon Express Buka Perjalanan Wisata ke Bulan
memorandum of understanding (MoU) oleh Menteri Ristek dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) M. Nasir dan Menteri Perdagangan dan Investasi Inggris, Francis Maude.


Penandatanganan nota kesepahaman itu disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Inggris David Cameron di Istana Merdeka. Selain itu, Kepala Lapan, Thomas Djamaluddin, beserta jajaran menteri Kabinet Kerja turut menyaksikan penandatanganan itu.


"Dalam naskah tersebut, kerja sama mencakup penelitian dan pengembangan bersama, pemanfaatan dan berbagi data satelit penginderaan jauh, serta berkolaborasi serta berbagi informasi penggunaan aplikasi keantariksaan," ujar Lapan.


Dijelaskan, para pihak juga sepakat saling mendukung hubungan dalam bidang akademik dan penelitian, merintis kegiatan-kegiatan komersial, serta peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM).


Beberapa kegiatan peningkatan kapasitas SDM yang dimaksud, di antaranya mencakupi pelatihan, konsultasi ahli, pertukaran personel, serta penyelenggaraan lokakarya, seminar atau konferensi.


"Naskah kerja sama ini berlaku selama lima tahun," tutur pihak Lapan.


Diketahui, sesaat sebelum penandatanganan, pemerintah Indonesia dan pemerintah Inggris melaksanakan pertemuan bilateral yang membicarakan mengenai peningkatan kerja sama Indonesia dan Inggris di berbagai bidang.


Presiden Jokowi menyatakan, pemerintah Indonesia menyambut baik kerja sama dengan pemerintah Inggris.


Selain bidang sipil keantariksaan, pemerintah Indonesia juga sepakat bekerja sama di bidang maritim, pemberantasan terorisme, dan tindak kejahatan lintas batas, serta kerja sama kemitraan riset dan inovasi. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya