El Nino, Sofyan Djalil Pastikan Stok Beras Aman November

El Nino muncul lagi tahun ini
Sumber :
  • NASA

VIVA.co.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Sofyan Djalil memastikan bahwa cadangan beras masih aman hingga bulan oktober 2015. Hal itu, menanggapi dampak El Nino, atau musim kemarau yang diprediksi terjadi hingga akhir tahun,

Alasan Mentan Curiga Ada Mafia Beras

Namun, diutarakannya jika cadangan beras tidak lagi mencukupi, impor pun bukan tidak mungkin akan dilakukan.

"Kami lihat sampai Agustus-September ini, berapa pengumpulan beras oleh Bulog (Badan Urusan Logistik). Kalau bisa beli beras dalam negeri, kami beli dalam negeri. Kalau perlu diimpor ya mungkin, tetapi September-Oktober ini masih aman," ujar Sofyan di Kantornya, Kamis 30 Juli 2015.

Sofyan menuturkan bahwa pihaknya telah memprediksi tidak akan terjadi musim panen pada akhir tahun ini. Karena itu, kementerian akan memastikan stok beras untuk mencukupi kebutuhan.

"Yang penting akhir tahun, karena November ke Februari tidak ada panen. Biasanya, kami stok pangan sampai 3,5 juta ton, kami lihat saja nanti," Kata Sofyan.

Sofyan mengatakan bahwa bencana memang akhir-akhir ini banyak terjadi di Indonesia. Namun, dia melihat hal itu tidak akan berpengaruh kepada persediaan pangan nasional.

"Gempa kelihatannya tidak banyak berpengaruh. Kalau erupsi hanya di beberapa daerah saja. Yang berat, ya El Nino ini. Kekeringan sudah terjadi di beberapa daerah. (Produksi) Tebu tidak ada masalah, karena musim panen. Tapi kalau padi baru ditanam sekarang memang agak sulit, tetapi sampai Oktober stok beras aman," tutur Sofyan. (asp)

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini alias Risma.

Risma Berkelit dan Salahkan El Nino soal Banjir di Surabaya

"Ada faktor El Nino, La Nina, ada itu dan sebagainya.”

img_title
VIVA.co.id
2 Maret 2016