El Nino Terparah di Indonesia Bukan Tahun Ini

El Nino muncul lagi tahun ini
Sumber :
  • NASA
VIVA.co.id
Indonesia Terancam Krisis Petani
- Dampak dari kekeringan panjang akibat badai El Nino tahun ini diperkirakan berimbas terhadap 111 ribu hektare lahan pertanian. Saat ini, total lahan pertanian di seluruh Indonesia mencapai 14,3 juta hektare. 

Indonesia Peringkat Pertama Statistik Pertanian ASEAN
Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian, Hari Priyono, Jumat 31 Juli 2015, menyatakan dampak El Nino tahun ini tidak akan menyebabkan penurunan tingkat produksi pangan secara signifikan. 

Jokowi Buat Proyek Keroyokan di Brebes
"Produksi beras kita 75,5 juta ton. Penurunan mungkin, hanya menjadi 75 juta ton. Angka belakangnya saja yang berkurang," kata Hari di kantor Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta.

Menurut dia, Indonesia pernah mengalami badai El Nino yang lebih parah dari tahun ini, yaitu pada 1997 silam. Di mana, pada saat itu, sekitar 230 ribu hektare sawah mengalami kekeringan.

"Kita sudah memasuki musim kemarau, tetapi dampaknya masih biasa saja," tambahnya. 

Sebelumnya, untuk mengantisipasi dampak El Nino, Menteri Pertanian Amran Sulaiman sudah terlebih dahulu memberikan 21 ribu pompa kepada petani. Selain itu, dana sebesar Rp100 miliar, guna membangun embung (waduk kecil) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia sudah di siapkan.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan, Indonesia diprediksi akan mengalami fenomena kekeringan panjang terhitung mulai bulan Agutus hingga Desember 2015. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya