Rahasia Batu Berdiri Tetap Kokoh Meski Dilanda Gempa

Batu berdiri di California
Sumber :
  • www.dailymail.co.uk

VIVA.co.id - Peneliti berhasil mengungkap misteri kekokohan batu berdiri di San Andreas dan San Jacinto, California, Amerika Serikat.

Begini Rupa Api Jenis Baru

Diketahui selama beberapa dekade, peneliti dipusingkan dengan kekuatan batu berdiri di area yang berada dalam garis patahan tersebut. Peneliti bingung, sebab meski area tersebut dilanda gempa beberapa kali, batu berdiri tersebut tetap tak berubah, masih kokoh berdiri sejak tiga ribu tahun lalu.

Dikutip dari Daily Mail, Kamis 6 Agustus 2015, peneliti menemukan garis patahan di area itu kemungkinan telah berinteraksi dengan area yang lain, sehingga gempa seakan 'melompati' wilayah tersebut. 

Secara umum disebutkan, batu berdiri tidak ditemukan dalam 15 Km garis patahan, yang mana di wilayah ini sering terjadi gempa bumi akibat pergeseran seismik dari lempeng tektonik. Dalam catatan sejarah, pada 1812 dan 1857 di wilayah garis patahan tersebut cukup kuat untuk menjatuhkan baru berdiri tersebut.

Jim Brune, ilmuwan Universitas Nevada, AS yang telah melakukan studi tersebut sejak 1990 mengatakan dia telah menemukan dua patahan yang saling berdekatan tersebut saling berkomunikasi dengan yang lainnya. Area sesar mengirimkan getaran di sekitar batu berdiri tersebut.

Brune menemukan jumlah keseimbangan batuan 7-10 Km dari garis San Andreas dan San Jacinto. Dalam studi, tim peneliti menghitung seberapa besar kekuatan yang dibutuhkan untuk menggulingkan batu.

Bahaya Olimpiade Rio dari Sisi Ilmuwan

Rekan penulis studi ini, Lisa Grant Ludwig dari Universitas California mengatakan ada 'kesimpulan tak terhindarkan' yang didapat dari studi, yaitu goyangan tanah dari gempa yang melanda lebih rendah dari yang diharapkan.

"Patahan San Andreas dan San Jacinto berdekatan, mereka terpisah sejauh 2 Km. Dalam studi model gempa saat terjadi mereka melompat," kata dia.

Dia menyebutkan interaksi antarpatahan itu yang menjadi kunci fenomena dalam daerah tersebut.

Temuan baru ini mengubah pemahaman ilmuwan atas perilaku gempa. Hasil studi ini juga sangat berharga untuk mengubah cara otoritas California dalam strategi perencanaan gempa.

Bunga matahari

VIDEO: Kenapa Bunga Matahari Mengikuti Gerak Sang Surya?

Bunga matahari muda selalu menghadap ke timur saat pagi hari.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016