Ini Cara Manusia Agar Punya Kekuatan ala Fantastic Four

Film Fantastic Four
Sumber :
  • dok Marvel Studio

VIVA.co.id - Ilmuwan dari perusahaan penerbangan dan antariksa, Lockheed Martin (LM), mengklaim telah menemukan cara agar manusia bisa memiliki kekuatan layaknya pahlawan super. Bukan melalui paparan radiasi kosmik, melainkan penggunaan materi khusus.

Setidaknya ditemukan empat materi khusus yang kekuatannya sama seperti yang dimiliki masing-masing karakter Fantastic Four. Ilmuwan Lockheed Martin mengaku telah melakukan beberapa perubahan terhadap sel dari materi tersebut sehingga manusia biasa bisa berubah memiliki kekuatan masing-masing.

Dilansir melalui Daily Mail, Jumat, 7 Agustus 2015, untuk bisa menjadi Mister Fantastic atau manusia yang bisa melar layaknya karet, dibutuhkan materi dengan substansi yang bisa memperbaiki dirinya sendiri tanpa campur tangan manusia. Materi ini bisa dibuat dengan mengandalkan ikatan alam dari materi itu sendiri atau menggunakan bantuan bakteri.

Materi seperti ini diklaim sudah digunakan oleh LM dalam pesawat canggih yang bisa memperbaiki kerusakan pada sayapnya sendiri.

"Materi ini mengkonfigurasi dirinya sendiri, mengubah perangkat dalam keadaan tertentu. Dalam skala mikroskopis, ikatan molekul individual bisa diubah kembali bentuknya ketika menyerap atau mendapatkan energi," ujar Anna Paulson, ilmuwan material LM.

Sedangkan untuk membuat sebuah objek bisa menghilang, dikatakan Paulson, bergantung pada penggunaan pola dan cahaya. Pembuatannya bisa dilakukan dengan memisahkan elemen yang mengarahkan radiasi elektromagnetik secara langsung di sekitar objek. Setidaknya ada tiga tantangan untuk menciptakan materi ini, yakni menentukan ukuran pola, mengendalikan cahaya tiga dimensi, dan mendesain pola untuk panjang gelombang yang berbeda.

"Mengatasi tantangan seperti ini bukanlah hal yang mustahil. Banyak ilmuwan yang sudah mengembangkan teknologi ini untuk membuat kain berpola skala nano dan mampu mengendalikan cahaya tiga dimensi, atau membelokkan cahaya optik," ujar Paulson.

Begini Rupa Api Jenis Baru

Untuk menjadi manusia batu atau The Thing intinya adalah kebal dan memiliki kekuatan super. Yang dibutuhkan adalah tingkat molekul yang ada di tubuh. Ini bisa menggunakan nanotechnology, yang merupakan manipulasi dari materi dalam skala nano, antara satu dan 100 nanometer, atau seperjuta milimeter.

"Materi terbaik untuk teknologi nano adalah karbon yang menyediakan struktur untuk graphene. Di sini anda bisa meningkatkan molekul dan atom individu untuk mengubah fisik, kimia, biologi dan optik," ujar Paulson.

Dijelaskannya, graphene merupakan lapisan tunggal atomik dari karbon atom yang terikat sangat kuat dan tidak terpisahkan dengan mudah. Materi ini dipercaya memiliki kekuatan yang tidak tertandingi meskipun terpapar kimia, suhu maupun tekanan.

Rekan kerja Paulson, Mitchell Meinhold, menyarankan adanya teknologi nano yang merupakan dasar dari pengembangan karbon nanotubes. Bentuknya sangat kecil namun memiliki kekuatan besar, bahkan 100 kali lebih kuat dari baja dan 10.000 kali lebih kecil dari helai rambut manusia.

"Yang membuat karbon nanotube kuat adalah karbon atom yang terikat sangat kuat secara kimia satu sama lain. Kami sedang mengembangkan materi dari nanotubes yang cukup kuat," ujar Meinhold.

Manusia api juga bisa saja diwujudkan untuk menjadi kekuatan manusia biasa. Baru-baru ini ilmuwan menemukan materi yang tidak mudah terbakar meski berada di suhu panas 4.000 derajat celsius. Materi itu terbuat dari gabungan metal unik hafnium dicampur sedikit karbon dan nitrogen.

Sedangkan kemampuan terbangnya akan bisa dilakukan dengan menerapkan metode roket yang menggunakan panas sebagai tenaga pendorong.

Ada yang berniat untuk menjadi bagian dari Fantastic Four?

Bunga matahari

VIDEO: Kenapa Bunga Matahari Mengikuti Gerak Sang Surya?

Bunga matahari muda selalu menghadap ke timur saat pagi hari.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016