Bagaimana Rahasia Hidup Terhindar dari Utang?

Ir. Goenardjoadi Goenawan MM.
Sumber :
VIVA.co.id
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Hidup adalah misteri. Saya kisahkan, ketika saya dulu berangkat sekolah ke Jakarta, keluarga saya berjumlah 30 orang dari Jawa Timur berkunjung.  

Pertanyaan yang Harus Dijawab Sebelum Berinvestasi
Ada doa 30 orang keluarga saya yang mengiringi. Namun, sepanjang 24 tahun, setelah lulus sekolah dan bekerja, saya heran, apa makna doa dan harapan keluarga dulu? Apalagi, dunia kerja di Ibu Kota ini lebih kejam dari ibu tiri.

Lima Trik Cerdas Dapat Hotel Tarif Murah
Hidup di dunia urban membuat kita lupa akan benang merah kehidupan.  

Ketika masuk dunia kerja, sering kita membuat hidup atas dasar ambisi. Hasilnya, lulus sekolah dan menikah menghasilkan utang. Bagaimana jalan keluarnya supaya kita terhindar dari utang?

Bacalah cerita ini baik-baik. Ada kisah dua orang anak raja. Dia diberitahu ayahnya raja, untuk naik kuda sejauh mungkin ke arah terserah mereka, maka sejauh itulah hak tanah akan diberikan.  

Anak pertama berambisi dan naik kuda sejauh mungkin, sehingga dia akhirnya bertemu musuh-musuh dan perang.  

Sekembali dari perang, dia mengatakan kepada raja bahwa dia berhasil mengalahkan seluruh dunia. Tetapi, akibatnya dia jatuh sakit. Dan, akhirnya mati.

Anak kedua dia hanya di rumah menjaga kesehatan dan kebahagiaan kakek dan neneknya.  

Dia mengatakan bahwa dia ikhlas hanya butuh satu rumah sederhana bersama nenek kecintaannya. Dia membalas kasih karunia para tetua kerajaan.

Hidup bukan membuai ambisi. Hidup sudah diberkati sejak kita dilahirkan. Daripada kita sibuk dengan ambisi pribadi, lebih baik kita kembali merunut kasih karunia sejarah kita.  

Karena jalan hidup kitapun sudah direncanakan dan diberkati oleh pendahulu kita. Rahasia hidup adalah bagaimana kita memberikan bakti hidup kita kepada sumber kekuasaan.  

Uang hanyalah bunga-bunga kehidupan. Tapi, esensi hidup adalah kasih karunia dan iba.


Ir. Goenardjoadi Goenawan MM.

Konsultan dan motivator tentang paradigma baru tentang uang. Penulis 10 buku manajemen. Buku terbaru MONEY INTELIGENT, Rahasia Kaya Mulai Berbisnis, dan seri Dua Rahasia Kaya Jangan Cintai Uang segera terbit di Gramedia bulan Juli 2015. Untuk memiliki eBook MI3 Money intelligent 3 silakan e-mail ke goenardjoadi@gmail.com

(asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya