Serunya Berselancar di Atas Pasir

Selancar Pasir, Yogyakarta
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA.co.id - Berselancar lazimnya dilakukan di pantai dengan ombak yang besar. Namun, di Pantai Parangtritis yang terkenal dengan wisata pantainya, kini memiliki obyek wisata baru yang banyak diminati wisatawan, yaitu berselancar di atas bukit pasir.

Unik, Jembatan Rel Kereta Ini Hanya Ada di Australia

Seperti berselancar air, di atas pasir, wisatawan bisa berselancar menggunakan papan selanjar dari puncak bukit pasir hingga sampai ke dataran rendah.

Tidak punya papan selancar? Tak perlu khawatir, ada penyewaan papan selancar pasir dengan tarif Rp70 ribu per jam.  "Wisata selancar di gumuk (bukit) pasir ini mulai ramai semenjak tahun 2012," kata Supri, pengelola wisata selancar pasir di Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Kamis, 13 Agustus 2015.

Daftar Tempat Wisata Unik di Bali

Menurut dia, pengunjung yang datang untuk berselancar biasanya mahasiswa yang kuliah di Yogyakarta atau turis dari luar kota. "Terbanyak memang anak muda yang suka tantangan dan ingin merasakan berselancar di gumuk pasir," ujar dia.

Setiap hari, kata Supri, ada saja wisatawan yang datang untuk berwisata selancar sembari menggambil foto saat berselancar atau hanya foto-foto saja di puncak bukit pasir. "Paling ramai saat hari libur, yaitu Minggu atau saat libur sekolah," katanya.

Tak hanya berwisata berselancar di gumuk pasir, Supri mengaku tempat tersebut juga disewakan untuk foto prewedding dan syutingf film dengan tarif Rp40 ribu per jam.

Dana yang didapatkan dari para turis, tidak begitu saja dikantungi oleh Supri, melainkan disalurkan untuk kas Karang Taruna Desa Parangtritis.

Tak hanya wisatawan lokal, wisatawan asing juga sering datang untuk berwisata dan justru saat siang hari diwaktu terik matahari semakin menyengat. "Mungkin mereka senang kulitnya terbakar sengatan matahari,” ucap Supri.

Budiman, salah seorang wisatawan, mengaku sengaja datang bersama beberapa temannya untuk merasakan sensasi berselancar di gurun pasir. "Kalau berselancar di laut saya tidak berani, takut tenggelam. Lebih baik di bukit pasir ini," ujarnya.

(mus)

Wali Kota Belanda Terpesona Keseharian Yogyakarta

Canting Mas Puncak Dipowono, Destinasi Baru Wisata Menoreh

Meski baru, objek wisata ini sudah ramai dikunjungi.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016