Rencana Strategis MPR untuk Menjawab Persoalan Bangsa

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan
Sumber :
VIVA.co.id
Soal Pilkada Kembali ke DPRD, Ini Kata Ketua MPR
- Dalam sambutan Sidang Tahunan MPR tahun 2015, Zulkifli Hasan mengatakan bahwa MPR telah menyusun rencana strategis untuk periode 2014-2019.

Bom Sarinah, Ketua MPR Nilai Aparat Tak Kecolongan

"MPR memiliki visi untuk menjadi rumah kebangsaan, pengawal ideologi Pancasila dan kedaulatan rakyat,” ungkap Ketua MPR Zulkifli.
Zulkifli Hasan: Posisi Ketua DPR Hak Golkar, Kita Hormati


Zulkifli menjelaskan bahwa makna MPR sebagai rumah kebangsaan, yaitu MPR adalah representasi Majelis Kebangsaan yang menjalankan mandat konstitusional untuk menjembantani berbagai pemikiran dan aspirasi masyarakat di berbagai daerah.


Sebagai pengawal idelogi, Zulkifli mengemukakan bahwa MPR merupakan satu-satunya lembaga negara pembentuk konstitusi sekaligus sebagai pengawal ideologi Pancasila agar tetap hidup di benak setiap insan Indonesia.


"Visi ke-3 MPR sebagai pengawal kedaulatan rakyat memiliki makna bahwa MPR memiliki kewenangan tertinggi untuk mengubah dan menetapkan UUD, menjamin tegaknya kedaulatan rakyat dan supremasi konstitusi,” ujar Zulkifli.


Ia meyakini bahwa rencana strategis MPR yang memuat visi, misi program dan kegiatan MPR dapat juga berfungsi sebagai instrumen yang memberi arah kebijakan strategi alat kelengkapan MPR dalam penyusunan berbagai programnya.


"Melalui perencanaan yang tepat, pelaksanaan wewenang dan tugas konstitusional MPR periode 2014-2019 akan mampu menjawab tantangan, memanfaatkan peluang, dan mengatasi bebagai persoalan bangsa,” kata Zulkifli.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya