Pertumbuhan Ekonomi 2016 Ditarget 5,5%

Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2015
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo dalam pidatonya dalam Sidang Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, Jumat 14 Agustus 2015, menyampaikan asumsi ekonomi makro tahun 2016.

Singapura Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi 2016

Tentunya, kata dia, dengan memperhitungkan seluruh dinamika perekonomian global dan domestik, serta prospek perekonomian nasional yang ada.

Dalam pidatonya atas Rancangan Undang Undang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RUU APBN) beserta Nota Keuangan Tahun Anggaran 2016, Presiden menyatakan, pertama, pertumbuhan ekonomi di 2016 ditargetkan 5,5 persen.

Pengamat: Proyek Infrastruktur Jangan Disetop

Hal itu, menurutnya, karena kondisi ekonomi global diproyeksikan membaik, sehingga kinerja ekspor-impor, serta permintaan global atas produk-produk Indonesia juga meningkat.

"Pembangunan infrastruktur juga akan mendorong kinerja pembentukan modal tetap bruto dan konsumsi nasional," ujarnya.

Sementara itu, peningkatan konektivitas nasional dan realokasi belanja ke sektor-sektor produktif juga diharapkan mampu menggerakkan perekonomian nasional, menjaga daya beli masyarakat, dan mengendalikan laju inflasi.

Kedua, lanjutnya, laju inflasi tahun 2016 diperkirakan mencapai 4,7 persen. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti perkembangan harga komoditas pangan dan energi dunia, pergerakan nilai tukar rupiah, serta perubahan iklim.

Untuk itu, kata Presiden, pemerintah akan terus berkoordinasi dengan Bank Indonesia dan menggerakkan pemerintah daerah dalam rangka pengendalian inflasi nasional.

Anggaran Dipotong, BPS Yakin Ekonomi RI Tumbuh 5,1 Persen

"Tim Pemantauan dan Pengendalian Inflasi Daerah terus kita aktifkan. Pemerintah juga akan menjaga harga bahan pangan dan energi di pasar domestik dengan menyediakan alokasi anggaran dan dana cadangan dalam rangka ketahanan pangan nasional," tuturnya.

toko di pasar Senen

Sofjan Wanandi: Demo Tak Pengaruh Iklim Investasi

Hanya fenomena politik jelang pilkada.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016