Alokasi Anggaran Infrastruktur 2016 Rp313,5 Triliun

Sidang Tahunan MPR RI
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin
VIVA.co.id
Pengamat: Proyek Infrastruktur Jangan Disetop
- Pemerintah mengalokasikan anggaran infrastruktur sebesar Rp313,5 triliun dalam rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara (RAPBN) 2016.

Bos Waskita Tak Cemas Anggaran Pemerintah Dipangkas
Presiden Joko Widodo menuturkan, anggaran itu lebih besar dari alokasi anggaran infrastruktur dalam anggaran pendapatan dan belanja negara perubahan (APBNP) tahun 2015.

Efisiensi, Penghematan Kementerian PUPR Rp8,4 Triliun
"Alokasi ini akan digunakan, antara lain untuk pembangunan jalan, jembatan, pelabuhan, dan bandara, termasuk bandara perintis agar konektivitas dan pemerataan antar wilayah menjadi lebih baik," kata Presiden, dalam pidato nota keuangan RAPBN 2016 di depan sidang paripurna DPR di Jakarta, Jumat 14 Agustus 2015.

Lebih lanjut, Jokowi memaparkan, dalam RAPBN 2016, subsidi dianggarkan sebesar Rp201,4 triliun. Subsidi dialokasikan untuk subsidi energi sebesar Rp121,0 triliun dan subsidi non-energi sebesar Rp80,4 triliun. 

Sejalan dengan itu, paparnya, pemerintah menata ulang kebijakan subsidi, dengan menyusun sistem seleksi penerima yang tepat sasaran. 

Menurutnya, untuk mendukung hal tersebut, pemerintah akan menggunakan basis data yang transparan dan akan menata ulang sistem penyaluran subsidi yang lebih akuntabel. 

"Dengan begitu, anggaran subsidi diharapkan dapat dialihkan untuk belanja yang lebih produktif, sehingga efisiensi dan kualitas belanja negara dapat ditingkatkan guna mempercepat perwujudan Nawacita," ujarnya.

Dia menambahkan, hal lain yang juga menjadi perhatian pemerintah adalah kedaulatan pangan khususnya menyangkut produksi padi, jagung, kedelai, gula, daging serta ikan. 

"Untuk mencapai target kedaulatan pangan tersebut, pemerintah memberikan dukungan antara lain melalui perluasan areal pertanian serta infrastruktur pendukungnya, termasuk pembangunan jaringan irigasi," ujarnya. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya