Kenaikan BBM dan TDL Hanya Akan Memberatkan Rakyat

Sumber :
VIVA.co.id
Komisi VII Dukung Upaya Pemerintah Perkuat Pertamina
- Rencana pemerintah untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) dan tarif dasar listrik (TDL) untuk periode Agustus 2015 dinilai terlalu membebankan rakyat.

Pimpinan DPR Nilai Sudah Cukup Bukti Jadikan Ahok Tersangka

"Untuk BBM, kalau jadi naik maka kemungkinan harga Premium menjadi Rp 8.000 per liter dari harga saat ini sebesar Rp 7.300 per liter," ungkap Wakil Ketua Komisi VI DPR, Heri Gunawan.
Cita Citata Cabut Laporan terhadap Anggota DPR


Selanjutnya, untuk TDL, direncanakan naik pada 10 tarif tenaga listrik. "Setiap bulan tarif listrik non subsidi bisa turun, tetap, atau naik dipengaruhi oleh nilai tukar mata uang dollar amerika terhadap mata uang rupiah (kurs), harga minyak dengan acuan Indonesian Crude Price (ICP), dan pengaruh inflasi," ujar Heri.


Wakil Ketua Komisi VI DPR tersebut sangat menyayangkan jika kenaikan tersebut sampai terjadi. "Dan ini adalah langkah yang terburuk. Naiknya BBM dan TDL hampir bersamaan," kata Heri.


Heri menjelaskan bahwa kenaikan tersebut dapat berimbas ke bebagai sektor, seperti memicu kenaikan ongkos operasional dan angkutan, memicu inflasi kita yang saat ini masih tinggi, hingga memicu gelombang pengangguran baru yang lebih tinggi.


Menurut Heri, ada indikasi kuat bahwa kenaikan ini sebenarnya untuk mendongkrak tingkat penyerapan belanja pemerintah yang masih sangat rendah.


"Belanja modal, misalnya, baru mencapai 15,3 persen dari total alokasi APBN-P 2015. Situasi itu kemudian merembet pada melemahnya konsumsi rumah tangga karena daya beli yang terus menurun," ungkap Heri.


Oleh karena itu, ia meminta pemeritah untuk mengambil langkah yang cermat seperti melakukan disiplin fiskal, mengurangi utang luar negeri, dan memaksimalkan penerimaan dari pajak dan dividen (keuntungan) BUMN.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya