Fahri Hamzah: Sistem Parlemen RI Hampir Sama dengan Amerika

Sidang Paripurna DPR ke-29
Sumber :
  • ANTARA/Reno Esnir
VIVA.co.id - Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menerima kunjungan perwakilan Kongres Amerika Serikat di kompleks Parlemen di Jakarta pada Minggu, 16 Agustus 2015.
Komisi VII Dukung Upaya Pemerintah Perkuat Pertamina

DPR diwakili Setya Novanto (Ketua) dan Fahri Hamzah (Wakil Ketua). Sedangkan rombongan perwakilan Kongres Amerika dipimpin senator Vern Buchanan.
Pimpinan DPR Nilai Sudah Cukup Bukti Jadikan Ahok Tersangka

Mereka bertemu sekira setengah jam dan membahas sejumlah agenda kerja sama bilateral Indonesia dengan Amerika. Di antaranya, upaya peningkatan kerja sama di bidang ekonomi, seperti investasi dan industri. Dibahas juga tentang rencana kunjungan Presiden Joko Widodo ke Amerika pada Oktober 2015.
Menkeu Sri Mulyani Janji ke DPD Tak Brutal Sunat Anggaran

Fahri Hamzah mengaku berdiskusi banyak dengan perwakilan Kongres Amerika tentang sistem parlemen kedua negara. Menurutnya, ada banyak kesamaan sistem kenegaraan Amerika yang menganut sistem federal dan Indonesia dengan sistem negara kesatuan, namun sistem pemerintahan desentralisasi atau otonomi daerah.

Kesamaan lain, kata Fahri, ialah parlemen kedua negara yang menganut sistem bikameral atau dua kamar, yakni DPR dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di Indonesia dengan Kongres dan Senat di Amerika. Kongres adalah perwakilan rakyat di Amerika, sama seperti DPR di Indonesia. Sedangkan Senat adalah perwakilan negara-negara bagian di Amerika, serupa DPD yang merupakan perwakilan daerah/provinsi di Indonesia.

Namun, kata Fahri, Senat lebih dominan atau kuat dibanding Kongres di Amerika. Berbeda dengan di Indonesia, DPR lebih dominan ketimbang DPD. Lagi pula, kewenangan DPD belum seluas DPR sehingga perannya pun masih terbatas, tak seperti kewenangan Senat di Amerika.

“Kita sistem dua kamar, tapi kamar kita belum sempurna. Kamar DPD di kita belum kuat. Sedangkan mereka (Amerika), kamar Senat-nya kuat sekali, karena sistem pendukungnya juga kuat,” ujar Fahri.

Senator Vern Buchanan mengatakan bahwa selama ini Amerika memiliki hubungan yang cukup baik dengan Indonesia dalam berbagai bidang.

"Dalam tata kelola pemerintahan, kami juga ingin lebih banyak bertukar pikiran dan gagasan dengan masyarakat Indonesia untuk kemajuan kedua negara. Kami juga tidak sabar untuk ikut dalam acara kemerdakaan RI esok,” kata Vern. (one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya