Cara Lolos Masa Percobaan Kerja Tiga Bulan

Ilustrasi atasan di kantor.
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Pada saat memulai perkerjaan baru, ada teror yang menghantui bahwa 90 hari pertama adalah masa paling menakutkan dalam perjalanan karier Anda. Jika ada yang tidak berjalan lancar, hal itu bisa mengagalkan seluruh karir yang baru akan dimulai.

Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor
Tidak meluangkan waktu untuk mengetahui budaya yang ada di perusahan baru Anda merupakan keputusan yang salah. Hal itu dapat merusak kredibilitas sebagai karyawan atau pemimpin baru dimata pegawai lainnya, segala keputusan anda bisa dimentahkan. 

Tips agar Target Pekerjaan Sesuai 'Deadline'
Dilansir dari Business Insider, Senin 17 Agustus 2015, sebuah buku yang ditulis oleh Micheel Watkins, seorang profesor Universitas Harvard mengupas tuntas hal ini. Buku itu sangat diminati dan terbukti terjual 1,2 juta eksemplar dan diterjemahkan dalam 27 bahasa. 

Dalam buku berjudul 'The First 90 Days' yang diterbitkan pada 2003 ini, Watkins dijabarkan strateginya yang sangat sederhana. Secara garis besar, Anda harus fokus pada pembelajaran pekerjaan baru, melakukan sesuatu hanya untuk membuktikan diri, dan beradaptasi dengan budaya organisasi baru, adalah hal yang harus Anda lakukan, selain fokus pada aspek teknis pekerjaan baru anda. 

Berikut beberapa hal penting yang harus Anda pelajari. 

1. Cobalah untuk tidak hanya mengandalkan apa yang Anda ketahui. 

Menjadi baik pada suatu bidang mungkin bisa membuat anda berprestasi di pekerjaan baru. Tapi, bersandar terlalu banyak pada suatu hal yang membuat sulit menjadi tantangan tersendiri yang harus dihadapi. 

Satu kesalahan adalah yang mebuat Anda gagal dalam pekerjaan lama, dan tidak seharusnya Anda mengabaikan orang-orang yang mengerjakan pekerjaan yang tidak Anda mengerti, merupakan hal yang harus dihindari. 

"Anda telah ditawarkan posisi baru karena menjadi salah satu orang yang dipilih, Anda pikir bahwa memiliki keterampilan untuk berhasil, tapi itu bisa berakibat fatal bila bergantung terlalu banyak pada apa yang membuat sukses di masa lalu," tulis dia. 

Baca juga:

2. Jangan meremehkan proses belajar Anda

Anda dapat memutuskan untuk belajar dan beradaptasi atau menjadi rapuh dan gagal. Tantangan baru dan ketakutan akan ketidakmampuan dapat menjadi lingkaran setan yang berdampak buruk bagi Anda

3. Menahan diri untuk tidak terburu-buru berprestasi

Watkins memperingatkan tentang dorongan untuk membuktikan diri dengan melakukan sesuatu. Masa orientasi kerja merupakan kesempatan Anda untuk belajar dan beradaptasi. 

Baca juga:

Keputusan buruk akan hal ini dapat menciptakan penolakan terhadap kepemimpinan dan membuat Anda terasing dari orang-orang yang dapat membantu melakukan pekerjaan Anda. 

4. Sadarilah bahwa dibutuhkan waktu sebelum Anda menjadi berharga bagi perusahaan 

Mengutip survei 200 CEO dan presiden, Watkins mengatakan, dibutuhkan enam bulan sebelum pendatang baru sampai ke titik di mana mereka menjadi lebih produktif. Bahkan untuk orang baru di perusahaan besar mungkin membutuhkan waktu lebih lama. 

Baca juga:
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya