Ini Tumbuhan Pertama di Dunia, Makanan Dinosaurus

Monteschia vidalii
Sumber :
  • Indiana University
VIVA.co.id
Unik, Serangga 'Naga' Ini Bernama Karakter Game of Thrones
- Sebuah tanaman yang tidak memiliki kelopak dan tumbuh di dalam air dipercaya sebagai pertama yang pernah tumbuh di bumi. Dari fosil yang ditemukan, ilmuwan memprediksi umur tanaman itu sekitar 125 juta tahun lalu.

LIPI Temukan Dua Tanaman Begonia Baru

Tanaman aquatik, Monteschia vidalii diprediksi pernah tumbuh subur di danau yang sekarang berubah menjadi wilayah pegunungan di Spanyol pusat dan bagian utara. Tanaman ini tumbuh di awal periode Cretaceous, tepatnya masa hidup dinosaurus seperti Brachiosaurus dan Iguanodon.
Spesies Baru di Indonesia, Tikus Berhidung Babi


"Bisa jadi ini merupakan jawaban dari sejarah evolusi awal terkait tumbuhan. Tumbuhan pertama, secara teknis merupakan mitos, seperti halnya manusia pertama di bumi. Namun berdasarkan analisa baru, kami tahu jika tumbuhan pertama saat ini adalah Monteschia, bukan Archaefructus," ujar Profesor David Dilcher dari Indiana University, seperti dikutip dari
Daily Mail
, Selasa 18 Agustus 2015.


Archaefructus sinensis merupakan tumbuhan aquatik yang dulu sempat dianggap sebagai yang tertua yang pernah ada di bumi. Tumbuhan ini ditemukan di China. Namun berdasarkan usia, Archaefructus dikalahkan oleh Monteschia vidalii.


Penelitian yang dilakukan Dilcher ini disimpulkan berdasarkan observasi terhadap lebih dari 1.000 fosil M. vidalii. Hasil penelitiannya dipublikasikan dalam jurnal
Proceeding of the National Academy of Sciences
.


"Monteschia memiliki bagian bunga yang tidak jelas, seperti kelopak atau struktur produksi bunga madu untuk menarik perhatian serangga. Seluruh siklus hidupnya juga berlangsung di dalam air. Buahnya pun mengandung biji tunggal, mirip karakter tumbuhan angiosperm. Dari segi tampilan, mirip dengan Ceratophyllum moderen," ujar Dilcher.


Ceratophyllum merupakan tanaman air berwarna hijau tua yang kasar dengan sejumput daun. Tanaman ini populer untuk dikembangbiakkan di akuarium atau kolam hias.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya