Bisnis Online Ini Tanpa Modal

Ilustrasi bisnis online atau belanja online
Sumber :
  • iStock
<
Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor
p>VIVA.co.id - Kemajuan teknologi telah mengantarkan kita pada era kemudahan berkomunikasi, mencari dan mendapatkan informasi tanpa ada batasan ruang dan waktu.
Manfaat dan Risiko Investasi Obligasi

Bahkan, untuk memulai bisnis secara cepat, mudah, dan murah, bukan lagi hal yang sulit. Sebab, hanya dengan bermodalkan perangkat teknologi, kita dapat memulai bisnis dan menjual beragam kebutuhan secara online. 

Sungguh suatu hal yang tidak bisa dipungkiri, kue bisnis online di Indonesia menunjukkan perkembangan yang sangat manis dalam tahun-tahun terakhir ini. Hal ini dibuktikan dengan semakin menjamurnya toko-toko online yang beredar di dunia maya, baik yang termasuk dalam skala besar maupun kecil. 

Bangun 'Mindset' Bisnis UKM Sukses Ala Steve Jobs

Maraknya pebisnis online yang tumbuh secara signifikan dari tahun ke tahun menunjukkan bahwa masyarakat mulai sadar akan manfaat teknologi untuk mendukung atau sebagai perangkat utama mendapatkan penghasilan. 

Salah satu jenis bisnis online yang sangat di minati masyarakat adalah Bisnis Online dropshipping, dengan jargonnya murah, mudah, dan cepat. 

Murah, karena dalam bisnis online dropshipping tidak membutuhkan modal yang besar untuk menyetok barang, jika ada konsumen yang membeli, tugas pemilik barang, atau supplier untuk mengirimkannya, kita hanya bertugas untuk menawarkan, atau memasarkan produk tersebut.

Mudah, karena dalam bisnis online dropshipping tidak membutuhkan pengetahuan bisnis yang terlalu sulit, sehingga siapa saja bisa melakukannya. 

Cepat, karena dalam bisnis ini dapat dilakukan hanya dalam hitungan detik dapat langsung berjualan, asalkan telah mendapat produk yang akan dijual beserta supplier dropshipnya.

Berikut ini sejumlah kiat khusus untuk memulai bisnis ini:

1.  Carilah supplier yang berkualitas dan responsif

Dalam online dropshipping banyak sekali supplier yang menawarkan produknya untuk dijual secara dropship. Namun, pilihlah supplier yang memiliki produk yang berkualitas, karena dengan model bisnis ini, tidak jarang penjual tidak memiliki contoh produk yang dijual, sehingga kualitas barang sulit untuk diketahui.

Selain itu, tingkat responsif supplier dalam menjawab pertanyaan, atau menyampaikan data stok produknya kepada penjual merupakan poin penting, karena penjual juga secara cepat harus menginformasikan kembali produk tersebut kepada konsumen atau calon pelanggannya. Untuk alasan inilah, seharusnya penjual mencoba kiat berikut, agar penjualan sukses dan konsumen puas.

2.  Ujicoba dulu produk yang akan dijual

Sangat disarankan untuk membeli beberapa item, atau setidaknya satu per item produk yang akan dijual sebagai ujicoba produk tersebut. 

Dari transaksi pertama ini, penjual bisa mengetahui alur, atau cara order pada supplier tersebut, kecepatan respons supplier, kualitas produk, cara packing produk, serta jasa pengiriman yang bekerja sama dengan supplier tersebut.

Satu hal yang tidak kalah pentingnya apakah supplier tersebut secara jujur menuliskan nama toko online penjual sebagai pengirim, karena dalam sistem dropship nama pengirim bukanlah supplier, melainkan penjual.

3.  Pilih produk yang ber-Niche sama

Meskipun tidak ada larangan untuk menjual bermacam-macam barang bagi penjual dropship, namun untuk hasil yang lebih baik, pilihlah barang, atau produk yang sejenis untuk memudahkan saat menjualnya. 

Contohnya, jika penjual memilih untuk menjual pakaian, sebaiknya menjual pakaian saja, karena produk pakaian pun memiliki aneka ragam jenis, seperti pakaian wanita, pria, anak-anak, bayi, dan sebagainya.
 
4. Membuat perjanjian atau kesepakatan dengan supplier

Ada supplier yang tidak mengikat reseller dropship-nya dengan perjanjian, atau kesepakatan tertentu. Namun, ada baiknya memilih supplier yang menetapkan persyaratan tertentu jika ada reseller yang ingin menjual produknya secara dropship.

Memiliki perjanjian, atau kesepakatan dengan pihak supplier akan mengikat supplier dan penjual dalam suatu aturan khusus, sehingga masing-masing pihak akan saling bertanggung jawab sesuai dengan kesepakatan tersebut.
Baca juga: Lakukan 5 Hal Ini Dalam Membuat Kontrak Bisnis

5. Bangun hubungan dan komunikasi yang baik dengan supplier

Supplier adalah bagian terpenting dalam bisnis online dropshipping, karena hampir 75 persen dari proses transaksi dilakukan oleh pihak supplier, seperti informasi stok barang, melakukan pengiriman, dan packing produk.
 
Untuk alasan inilah maka penjual, atau pebisnis dropship harus membangun komunikasi yang baik dengan supplier. Usahakan untuk saling bertukar kabar, atau informasi meskipun tidak ada order. Hubungan yang baik akan meningkatkan kerja sama yang lebih menguntungkan di kemudian hari.
Baca juga: 11 Cara Gampang Mencari Modal Usaha

Butuh waktu untuk capai kesuksesan

Meskipun terlihat mudah, murah, dan cepat, namun pada prinsipnya bisnis online dropshipping sama seperti bisnis lainnya yang tidak mungkin mencapai sukses dalam semalan, melainkan membutuhkan kerjakeras, sikap pantang menyerah, dan konsisten.  Selamat memulai bisnis online dropshipping!

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya