Belajar Berwirausaha di Usia Muda

Ir. Goenardjoadi Goenawan MM.
Sumber :

VIVA.co.id - Anda baru lulus kuliah. Pada waktu umur 20-30 tahun adalah masa-masa belajar dan berbuat kesalahan. Kunci belajar berwirausaha adalah bukan besar, atau kecilnya perusahaan, tetapi dengan siapa Anda belajar.

Seorang pembaca saya, yang baru lulus menjadi sarjana, ingin membangun sebuah usaha. Dia memiliki uang tunai Rp10 juta. Dia bertanya kepada saya, dana sebesar itu sebaiknya digunakan untuk usaha apa? 

Ibarat suatu permainan, coba Anda kuasai bagaimana keahlian menendang bola, bekerja secara tim, dan menguasai bola. Cobalah pelajari sebaik mungkin, jangan dilihat uangnya. Tetapi, bagaimana Anda bisa mengerti pola perilaku uang.

Yang paling sulit mengerti soal uang adalah uang itu ada pemiliknya. Jadi, cara bagaimana kita berinteraksi dengan orang lain menjadi kunci kita berhasil.

Kalau ingin berwirausaha, carilah partner tempat Anda menumpang. Misalnya, belajar usaha kuliner, itu butuh modal. Dan, uang Rp10 juta mungkin sangat terbatas dalam masa depan perkembangan Usaha. Modal yang terbaik adalah modal investor. Baik itu dari sanak keluarga, atau coba hubungi kenalan Anda yang punya modal.

Bisnis adalah bagaimana Anda mengidentifikasi permintaan, atau kebutuhan masyarakat. Contohnya, sekarang masyarakat banyak yang butuh antioksidan dari kulit manggis, atau kulit delima. Lebih baik, Anda cari arus mainstream kebutuhan ini, dan ikut dalam proses produksi dan distribusi pemasaran produk ini.

Kalau bisa berkenalan, Anda mungkin bisa mempelajari bagaimana cara mendistribusi ke Toko toko kosmetik dan obat di pasar. Ingat yang paling penting cari ilmunya, toh Anda belum banyak kebutuhan uang. Juga jangan terjeblos risiko hanya gara-gara Anda terlalu banyak keinginan.

Kiat Penting Sebelum Ajukan Kredit Elektronik



Ir. Goenardjoadi Goenawan MM.
Konsultan dan motivator tentang paradigma baru tentang uang. Penulis 10 buku manajemen. Buku terbaru MONEY INTELIGENT, Rahasia Kaya Mulai Berbisnis, dan seri Dua Rahasia Kaya Jangan Cintai Uang segera terbit di Gramedia bulan Juli 2015. Untuk memiliki eBook MI3 Money intelligent 3 silakan e-mail ke goenardjoadi@gmail.com

(asp)

Ilustrasi boros belanja.

Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros

Siapa sih yang pengen hidup boros?

img_title
VIVA.co.id
27 September 2016