Jokowi Minta Ada BUMN Khusus Urusi Panas Bumi

Sumber energi terbarukan.
Sumber :
  • ANTARA
VIVA.co.id
Pengembangan Organisasi di Masa Pandemi: BRI Jalankan BRIVolution 2.0
- Presiden Joko Widodo mengusulkan agar ada perusahaan pelat merah yang khusus mengurusi panas bumi. Sebab, potensi geotermal yang dimiliki Indonesia cukup sangat besar dan mencapai puluhan ribu megawatt.

Pejabat yang Rangkap Jabatan di BUMN Diminta Buat LHKPN

Menurut Jokowi, potensi panas bumi di Indonesia mencapai 29 ribu MW. Dia mengatakan, potensi ini terdapat di seluruh wilayah Indonesia, dari Sumatera hingga Indonesia bagian timur. Karena itu, perlu adanya perhatian khusus terhadap sumber energi ini.
Erick Thohir Klaim Temukan 53 Kasus Korupsi di BUMN


"Kalau diperlukan, dibuat BUMN khusus geotermal," kata Jokowi dalam acara 'The 4th Indonesia EBTKE Connex 2015' di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Rabu 19 Agustus 2015.


Selain itu, eks gubernur DKI Jakarta ini mengatakan bahwa energi fosil masih punya porsi yang cukup besar dalam bauran energi nasional, yaitu 95 persen. Untuk itu, pemerintah ingin memberi perhatian kepada energi baru terbarukan dan konservasi energi (EBTKE).


"Maka, masalah yang berkaitan dengan insentif, tarif, dan perizinan yang berkaitan dengan energi baru terbarukan diberi perhatian khusus, entah kenaikan tarif, atau perizinan. Ke depannya, kita harus mengarah ke bidang ini, sehingga investasi di energi baru terbarukan terus didorong. Kita punya potensi energi yang besar dan melimpah," kata dia. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya