Ini Ciri-ciri Pria Bisa Jadi 'Pahlawan'

Film Batman vs Superman
Sumber :
  • Entertainment Weekly

VIVA.co.id - Sebuah studi menunjukkan jika pemilihan karakter superhero bukanlah tanpa proses. Tidak sembarang pria bisa berperan sebagai pahlawan super.

Untuk memulai audisi, peneliti menggunakan grafis komputer untuk memanipulasi wajah pria agar sesuai dengan umur dan tinggi yang diinginkan. Manipulasi wajah ini juga ditujukan untuk membuat maskulinitas mereka sempurna, tidak lebih dan tidak kurang.

"Pria yang tinggi, maskulin dan berusia 35 tahun dinilai sebagai seseorang yang paling mendominasi. Ini lah karakter yang cocok untuk bisa dijadikan pahlawan super," ujar Carlota Batres, peneliti dari University St. Andrews, seperti dikutip dari Mail Online, Kamis 20 Agustus 2015.

Dikatakan Batres, ini lah alasan mengapa superhero di Hollywood lebih cocok diperankan oleh pria-pria maskulin. Salah satu yang paling sesuai adalah Channing Tatum. Pahlawan dalam film Jupiter Ascending ini memiliki tinggi 6 kaki dan berusia 35 tahun.

Dalam penelitian itu, Batres juga mencari sosok berusia 25 tahun yang cocok untuk menjadi pahlawan. Namun, dia harus mengedit foto pria muda itu menjadi lebih tinggi 8 inci agar terlihat lebih tua 10 tahun dan kelihatan lebih maskulin.

Begini Rupa Api Jenis Baru

Setelah wajahnya diedit sedemikian rupa, khususnya pada alis mata, pria muda itu terlihat lebih dominan dan cocok untuk mendapat peran superhero.

"Orang-orang yang memiliki karakter 'mendominasi' juga kerap ditunjuk sebagai pemimpin saat terjadi konflik antargrup. Mereka juga dinilai akan lebih sukses memimpin dalam dunia bisnis," kata Batres.

Penelitian ini ternyata sama dengan yang pernah dilakukan ilmuwan sebelumnya. Studi sebelumnya menunjukkan jika pria bertubuh tinggi kerap cocok dijadikan bos dalam perusahaan.

Bahkan, profesor International Business di Rollins College mengatakan jika memang ada kaitannya antara keuntungan perusahaan dengan bentuk wajah para pimpinannya. Fetscherin mendeskripsikan bahwa bos perusahaan rata-rata adalah pria dengan wajah yang lebar.

Ukuran wajah yang lebar menunjukkan bahwa seseorang dianggap dominan dan sukses, kerap memberikan keuntungan bagi pendapatan perusahaan. (art)

Lima Penjahat Wanita yang Bikin Superhero Jatuh Hati
Bunga matahari

VIDEO: Kenapa Bunga Matahari Mengikuti Gerak Sang Surya?

Bunga matahari muda selalu menghadap ke timur saat pagi hari.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016