Pembangunan Rusunami, Basuki Tekankan Aspek Keamanan

Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id
Ketika Mal Tua Disulap Jadi Apartemen Mungil
- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, meresmikan pembangunan rumah susun sederhana milik (rusunami) Gunung Putri Square, Bogor, Kamis, 20 Agustus 2015. 

Apartemen Super Mewah Sinar Mas Land Laku 36 Persen
Basuki berpesan dalam pembangunan high rise building seperti apartemen ataupun rusunami agar tidak hanya mementingkan desain, tetapi harus mempertimbangkan aspek keselamatan dan keamanan.

Metland Menteng Pasarkan Rumah Tipe Baru
"Satu hal yang juga penting selain desain yang bagus, yaitu keamanan. Untuk high rise building, nanti ada helipad di atas, kalau ada kebakaran, dikasih ke atas," ujar Basuki, saat peresmian pembangunan rusunami Gunung Putri Square, Bogor.

Basuki menjelaskan, pihaknya sedang merancang aturan terkait standar keamanan rusunami. Selain itu, dia juga mengusulkan pembangunan tangga darurat dibangun di luar gedung atau tidak di dalam gedung. Sebab, jika terjadi kebakaran ada ventilasi udara yang membantu mengurai kepulan asap. 

"Kami sekarang sedang merancang aturan itu, dan satu lagi misalnya untuk escape stair atau tangga darurat, itu bisa di desain di luar gedung karena kalau asap bisa berventilasi di luar, ini sudah mulai kami imbau. Ini juga kritikan dari masyarakat," ucapnya.

Basuki menuturkan, aturan terkait standar keamanan rusunami akan dikeluarkan dalam bentuk Keputusan Menteri PUPR tahun ini. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya