Menko Darmin: Rupiah Melemah Karena Modal Asing Kabur

Darmin Nasution
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
VIVA.co.id
Rupiah Melemah, Tertekan Gejolak Ekonomi Global
- Setelah sempat menguat kemarin, rupiah kembali mengalami pelemahan hari ini. Berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia (BI) rupiah hari ini diperdagangkan Rp13.838 per dolar AS, melemah dibandingkan di level Rp13.824. 

Sikap Pasar Modal dan Rupiah Soal Aksi Damai 4 November
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, mengatakan, pelemahan rupiah terjadi karena arus modal asing terus keluar dari Indonesia. 

Dolar Masih Lemah, Rupiah Melaju di Jalur Hijau
"Situasi kita memang, terus terang bukannya ada dana segar dari luar masuk, malah cenderungnya keluar," ujar Darmin di kantornya, Kamis 20 Agustus 2015.

Baca juga:

Psikologi pasar keuangan di Indonesia yang dipenuhi ketidakpastian kebijakan ekonomi pemerintah saat ini turut memberi tekanan terhadap rupiah. Di tengah terus bergejolaknya ekonomi global saat ini karena perang mata uang antara dolar AS dan Yuan China masih berlangsung. 

Pemerintah menurutnya, akan mempercepat realisasi investasi yang masuk, sehingga arus modal asing akan terus masuk ke Indonesia. Namun, akan dipastikan investasi masuk ke sektor ril, agar risikonya dapat lebih terukur. 

Baca juga :

"Tidak ada dolar masuk dari luar maka memang rupiahnya melemah. Itu sebabnya putusan untuk investasi penting untuk cepat. Agar membuka pintu masuknya dolar," tutur dia. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya