Ikuti Wall Street, Bursa Asia Meluncur ke Area Negatif

Aktivitas di Bursa Efek Tokyo
Sumber :
  • REUTERS/Toru Hanai
VIVA.co.id
Bursa Asia Pasifik Tertekan Dinamika Pilpres AS
- Ekuitas Asia Pasifik meluncur jauh ke dalam wilayah negatif pada pembukaan perdagangan saham hari ini, merespons kerugian di pasar minyak
offshore
Wall Street Catat Rekor Anjlok Terlama Sejak Krisis 2008
semalam, dan karena investor menunggu survei sektor manufaktur China.

Mengekor Wallstreet, Bursa Asia Dibuka Melemah
Dilasir dari CNBC, Jumat 21 Agustus 2015, diketahui China akan merilis Purchasing Manager's Indeks (PMI) pada hari ini. Laporan itu dapat menentukan persepsi pasar keuangan, d itengah keraguan tentang pemulihan negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia itu. 

Indeks Jepang Nikkei 225 kembali melemah pada perdagangan hari ini sebesar 1,9 persen. Saham Sony tenggelam lima persen hari ini, sementara saham blue chips lainnya seperti Toyota Motor, Toshiba dan Canon memperpanjang kerugiannya pada hari ini di mana sahamnya turun di kisaran 1,1 hingga 3,6 persen. 

Indeks ASX, Australia Standar & Poor's (S&P) 200 mengalami pelemahan tipis dibanding bursa lain negara-negara di kawasan. Pelemahannya tercatat sebesar 0,8 persen saat pembukaan perdagangan hari ini. 

Sementara itu, indeks Kospi Korea Selatan, anjlok 2,5 persen dan menyentuh level terendah sejak Agustus 2013, didorong oleh saham semua sektor yang dibuka memerah hari ini. Saham Samsung Electronics dan Hyundai Motor merosot masing-masing 1,8 dan 2,7 persen, sedangkan saham perusahaan baja Posco jatuh 1,1 persen.

Semalam, bursa Wall Street seperti dihantam oleh palu yang besar, dengan pelemahan indeks S&P 500 yang berakhir di level terendah lebih dari enam bulan terakhir.

Indeks Dow Jones Industrial Average dan Nasdaq Composite masing-masing juga anjlok 2,06 dan 2,82 persen, karena investor menimbang ketidakpastian lanjutan tentang waktu kenaikan suku bunga bank sentral AS dan kekhawatiran pertumbuhan global yang dipimpin oleh perlambatan ekonomi China. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya