Rupiah Dekati Posisi Rp14.000 per Dolar AS

Teller menghitung uang dolar AS.
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Mata uang Rupiah terus melemah terhadap mata uang dolar Amerika Serikat. Bahkan, mendekati level Rp14.000 per dolar AS pada akhir pekan ini.

Sikap Pasar Modal dan Rupiah Soal Aksi Damai 4 November

Berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia BI, Jumat 21 Agustus 2015, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di posisi Rp13.895 per dolar AS.

Sedangkan rupiah pada perdagangan Kamis kemarin, 20 Agustus 2015, berada di posisi Rp13.838 per dolar AS. Artinya, rupiah melemah sebesar Rp57 dibanding dengan kurs kemarin.

Rupiah sudah merosot lebih dari sepuluh persen sepanjang tahun ini. Analis NH Korindo Securities Indonesia, Reza Priyambada, mengatakan rupiah masih mengalami pelemahan, karena tidak adanya sentimen positif makro ekonomi di dalam negeri.

Sementara itu, mata uang euro melonjak ke level tertinggi dalam dua bulan terhadap dolar AS. Nilai tukar euro, seperti dilansir Reuters, di posisi US$1,12, setelah melonjak 1,1 persen pada Kamis.

Sedangkan mata uang Jepang, yen, juga menguat terhadap dolar AS. Dolar As diperdagangkan di level terendah dalam tiga minggu di posisi 123,33 yen. (asp)

Dolar Masih Lemah, Rupiah Melaju di Jalur Hijau
Uang rupiah.

Rupiah Melemah, Tertekan Gejolak Ekonomi Global

Aksi damai 4 November tidak terlalu pengaruhi pergerakan rupiah.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016